Mengenal Acala (ACA)

Acala (ACA) adalah proyek keuangan terdesentralisasi lintas rantai yang membangun hub DeFi untuk seluruh ekosistem Polkadot. Dengan Acala, Anda dapat mencetak stablecoin USD menggunakan jaminan dari parachain yang terhubung dengan Polkadot dan membuka likuiditas token DOT yang dipertaruhkan dengan mengubahnya menjadi L-DOT.

Pada tahun 2021, tidak ada yang menarik perhatian pedagang kripto, investor, dan dana modal ventura seperti yang dimiliki keuangan terdesentralisasi. Aplikasi DeFi terutama dibangun di atas blockchain Ethereum, tetapi skalabilitasnya yang buruk telah menyebabkan biaya penggunaan yang berlebihan (dalam bentuk gas) yang membuat banyak fungsi DeFi tidak dapat digunakan.

Masuk Polkadot. Didirikan oleh Gavin Wood, pengembang berbakat yang juga ikut mendirikan Ethereum, Polkadot adalah internet blockchain yang menawarkan proyek DeFi rumah yang skalabel, aman, dan murah untuk digunakan.

Segera setelah diluncurkan di bursa kripto, Polkadot naik ke peringkat sepuluh besar mata uang kripto berdasarkan kapitalisasi pasar. Penerimaannya yang cepat oleh pasar crypto terutama disebabkan oleh posisi Polkadot sebagai pesaing Ethereum yang lebih cocok untuk menampung proyek-proyek DeFi.

Acala adalah proyek Polkadot DeFi yang paling dinanti dengan jarak bermil-mil (atau kilometer, tergantung dari mana Anda berasal). Itu ada hubungannya dengan Acala yang menagih dirinya sendiri sebagai pusat DeFi di Polkadot.

Artikel ini akan menjelaskan proyek Acala, cara kerja token ACA, dan mengapa Acala mungkin menjadi proyek DeFi terbaik yang diluncurkan pada tahun 2021.

Cross-chain DeFi infrastruktur

Saat ini, DeFi terjebak pada blockchain tertentu dan tidak dapat membebaskan diri.

Apa yang terjadi ketika Anda ingin menggunakan aset Solana sebagai jaminan untuk pinjaman di Compound Protocol berbasis Ethereum? Yah, Anda tidak bisa. Hal yang sama berlaku untuk setiap langkah finansial yang ingin Anda lakukan di antara semua blockchain yang ada saat ini.

Ada Ethereum DeFi, Solana DeFi, Binance Smart Chain Defi, Algorand DeFi — daftarnya terus berlanjut. Token Ethereum terjebak di Ethereum dan begitu pula untuk token khusus untuk blockchain lainnya.

Acala (ACA)

Polkadot berbeda karena merupakan standar blockchain yang dapat dioperasikan yang dapat dicolokkan oleh blockchain mana pun sebagai parachain. Setelah porting ke Polkadot, semua blockchain yang dulu terisolasi ini akhirnya dapat berbicara satu sama lain dan melakukan bisnis. Itulah Web3, dan itulah internet dari blockchain.

Jadi, di mana Acala cocok dengan gambar ini? Ini memanfaatkan agnostisisme blockchain Polkadot dengan menawarkan produk dan layanan DeFi yang dapat Anda gunakan, apa pun aset blockchain yang Anda miliki.

Jika Anda ingin mengambil pinjaman menggunakan Acala (ACA), Anda dapat menjaminkannya dengan cryptocurrency dari berbagai blockchain. Anda juga dapat menggunakan pertukaran terdesentralisasi Acala AMM untuk menukar aset asli dari blockchain lain tanpa membungkusnya.

Platform stablecoin untuk Polkadot

Dalam beberapa tahun sejak stablecoin memasuki pasar crypto, mereka telah sepenuhnya merevolusi cara crypto beroperasi. Dari memiliki cara mudah untuk menambatkan keuntungan perdagangan hingga berpartisipasi dalam DeFi pada protokol seperti Compound, stablecoin telah berkembang menjadi tingkat kepentingan seperti Bitcoin.

Karena Polkadot adalah jaringan interoperabilitas lintas rantai, Acala memutuskan untuk memanfaatkan keserbagunaan itu untuk menghadirkan USD. aUSD adalah stablecoin algoritmik Acala yang dipatok 1:1 dengan USD tetapi didukung sepenuhnya oleh jaminan kripto.

Platform stablecoin Acala bekerja melalui Honzon; protokol yang dikembangkan sendiri untuk mencetak stablecoin kapan pun pengguna menyetorkan agunan yang diterima. Setelah diluncurkan, protokol Honzon akan menerima DOT, ETH, dan BTC sebagai jaminan, dengan lebih banyak cryptocurrency diharapkan saat parachain diluncurkan.

Cara kerja stablecoin USD sederhana. Saat Anda menyetor agunan, aUSD dicetak, dan Anda membuka apa yang disebut Posisi Utang Jaminan. Akibatnya, CDP hanyalah cara mewah untuk mengatakan Anda berhutang uang pada protokol dan harus membayar kembali pinjaman ditambah bunga nanti.

Saat Anda membayar kembali CDP Anda, protokol Honzon membakar jumlah yang sesuai dari aUSD, sehingga menyusutkan pasokan yang beredar untuk mempertahankan patok dolar.

Jaringan Acala (ACA) secara ringkas

Parachain polkadot datang lebih cepat dari yang diperkirakan kebanyakan orang. Gavin Wood baru-baru ini menguraikan beberapa langkah yang tersisa sebelum diluncurkan di pos Medium yang sangat baik. Itu berarti Acala dan DeFi lintas-rantai sejati semakin mendekati kenyataan setiap hari.

Kemungkinan Acala memperkenalkan seachange untuk keuangan terdesentralisasi tinggi, terutama bagi pengguna dan investor yang sudah membeli dan mempertaruhkan token DOT. Mengingat peringkat DOT dalam sepuluh cryptocurrency teratas secara keseluruhan, jumlah token yang siap untuk bermigrasi dan menggunakan Acala adalah signifikan.

Akankah Acala berhasil menjembatani kesenjangan antara Ethereum dan parachain lain yang terhubung dengan Polkadot? Harapan untuk proyek ini tinggi, tetapi untungnya, fundamental Acala terlihat cocok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.