Three Stars in the South

Three Stars in the South adalah pola pembalikan naik tiga lilin yang sangat langka yang muncul pada grafik batang lilin. Ini mungkin muncul setelah penurunan, dan itu menandakan bahwa bearish sedang memudar.

Memahami Three Stars in the South

Three Stars in the South adalah pola pembalikan bullish dengan empat karakteristik:

  1. Pasar dalam tren turun.
  2. Lilin pertama berwarna hitam dengan tubuh nyata yang panjang, bayangan bawah yang panjang, dan tidak ada bayangan atas.
  3. Lilin kedua berwarna hitam dengan tubuh nyata yang lebih pendek dan harga terendah lebih tinggi dari harga terendah lilin pertama.
  4. Lilin ketiga berwarna hitam dengan tubuh nyata pendek, tanpa bayangan, dan penutupan yang berada dalam kisaran tinggi-rendah dari lilin kedua.


Persyaratan ketat ini membuat polanya langka. Teori di balik pola tersebut adalah bahwa beruang secara bertahap kehilangan momentum saat masing-masing dari tiga lilin berlangsung, yang pada akhirnya mengarahkan pembeli untuk mencoba reli untuk membalikkan tren.

Sebagian besar pedagang mencari konfirmasi setelah pola. Konfirmasinya, dalam hal ini, adalah harga bergerak lebih tinggi mengikuti pola, karena itulah yang seharusnya ditunjukkan oleh pola. Jika harga turun mengikuti pola tersebut, itu bukan pembalikan bullish, melainkan pola kelanjutan bearish.

Dalam praktiknya, sulit untuk menemukan pola ini di grafik. Pembalikan juga dapat relatif diredam, yang berarti sedikit keuntungan bagi pedagang yang bertaruh pada reli. Three Stars in the South, serta pola candlestick lainnya, tidak memiliki tujuan profit. Oleh karena itu, bahkan jika mereka berhasil, dan harga naik mengikuti pola, dalam hal ini, tidak ada indikasi seberapa jauh kenaikannya.

Trader dapat menggunakan pola tersebut sebagai sinyal untuk keluar dari posisi short atau untuk memulai posisi long, meskipun idealnya masuk pada bilah konfirmasi—saat harga mulai naik—lebih disukai. Selain itu, pedagang harus mencari konfirmasi dalam pola grafik atau indikator teknis lainnya untuk mendukung tesis pembalikan.

Jika, misalnya, sebuah saham sedang tren lebih tinggi tetapi baru-baru ini mengalami pullback, seorang trader dapat mengamati pola Three Stars in the South ditambah dengan crossover stochastic bullish di wilayah oversold. Ketika digabungkan, potongan-potongan bukti ini menciptakan ide perdagangan yang lebih menarik, terutama jika Three Stars in the South diikuti oleh candle konfirmasi bullish.

Perbedaan antara tiga Three Stars in the South dan tiga gagak hitam adalah bahwa yang terakhir adalah pola pembalikan bearish yang datang setelah harga naik. Polanya dibentuk oleh tiga candle hitam panjang (turun), dengan candle kedua dan ketiga dibuka di dalam tubuh sebenarnya dari candle sebelumnya dan ditutup lebih rendah daripada yang dibuka dan di bawah penutupan sebelumnya.

Three Stars in the South

Psikologi Perdagangan Three Stars in the South

Misalkan keamanan terlibat dalam tren turun aktif, dengan beruang percaya diri mencari harga yang lebih rendah. Lilin pertama dalam pola menegaskan pandangan ini dengan penurunan harga yang cukup besar. Bulls hanya dapat menarik sedikit optimisme dari candle ini, yaitu bahwa candle tersebut ditutup di atas titik terendah hari ini.

Pada candle kedua, keamanan dibuka lebih tinggi dari harga terendah dari candle pertama dan gagal memposting harga terendah baru. Penutupan lebih rendah dari pembukaan juga menurunkan kepercayaan banteng.

Keamanan dibuka lebih tinggi pada candle ketiga dalam menunjukkan komitmen bull baru, tetapi mereka gagal memanfaatkan penurunan harga lagi. Bears gagal menurunkan keamanan ke level terendah baru sekali lagi, menunjukkan penurunan daya jual. Tiga batang membentuk pola panji kecil, menunjukkan kelelahan bearish sambil memberi peluang bagi bull untuk memulai reli. Reli hanya dapat dimulai jika harga bergerak lebih tinggi mengikuti pola.

Contoh Three Stars in the South

Polanya jarang, jadi contoh dan perdagangan sulit didapat dengan pola ini. Pola berikut pada grafik harian Toronto Dominion Bank (TD) adalah sedikit variasi dari Three Stars in the South di mana lilin ketiga memiliki bayangan atas kecil. Idealnya, ia tidak memiliki bayangan. Juga, lilin ketiga membuat ketinggian yang sedikit lebih tinggi dari lilin kedua. Idealnya, candle ketiga harus berada dalam kisaran candle kedua.

Sebuah perdagangan dapat dimasukkan ketika harga bergerak di atas tinggi dari pola tiga batang (atau di atas tinggi dari lilin kedua atau ketiga). Stop loss dapat ditempatkan di bawah rendah lilin (atau di bawah rendah lilin kedua atau ketiga).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.