Nick Szabo

Nick Szabo adalah seorang ilmuwan komputer, sarjana hukum dan kriptografer yang dikenal karena penelitiannya dalam kontrak digital dan mata uang digital. Ia lulus dari University of Washington pada tahun 1989 dengan gelar di bidang ilmu komputer dan menerima gelar sarjana hukum dari George Washington University Law School. Dia memegang gelar profesor kehormatan di Universidad Francisco MarroquĂ­n.

Nick Szabo Dan Bit Gold

Pada tahun 1998, Szabo merancang mekanisme untuk mata uang digital terdesentralisasi yang disebutnya “bit gold”. Bit gold tidak pernah diimplementasikan, tetapi disebut sebagai “pendahulu langsung arsitektur Bitcoin.”

Dalam struktur emas bit Szabo, seorang peserta akan mendedikasikan kekuatan komputer untuk memecahkan teka-teki kriptografi. Dalam jaringan bit emas, teka-teki yang dipecahkan akan dikirim ke registri publik toleran kesalahan Bizantium dan ditugaskan ke kunci publik pemecah. Setiap solusi akan menjadi bagian dari tantangan berikutnya, menciptakan rantai properti baru yang terus berkembang. Aspek sistem ini menyediakan cara bagi jaringan untuk memverifikasi dan memberi stempel waktu pada koin baru, karena kecuali mayoritas pihak setuju untuk menerima solusi baru, mereka tidak dapat memulai teka-teki berikutnya.

Nick Szabo

Saat mencoba merancang transaksi dengan koin digital, Anda mengalami “masalah pengeluaran ganda”. Setelah data dibuat, mereproduksinya adalah masalah sederhana menyalin dan menempel. Sebagian besar mata uang digital memecahkan masalah dengan melepaskan beberapa kendali ke otoritas pusat, yang melacak saldo setiap akun. Ini adalah solusi yang tidak dapat diterima untuk Szabo. “Saya mencoba untuk meniru sedekat mungkin di dunia maya karakteristik keamanan dan kepercayaan emas, dan yang paling utama adalah bahwa itu tidak bergantung pada otoritas pusat yang tepercaya,” katanya.

Pada tahun 2008, orang atau kelompok pseudonim dengan nama Satoshi Nakamoto merilis proposal bitcoin ke milis cypherpunk. Identitas asli Nakamoto tetap menjadi rahasia, yang menyebabkan spekulasi tentang daftar panjang orang yang diduga sebagai Nakamoto. Meskipun Szabo telah berulang kali membantahnya, orang-orang berspekulasi bahwa dia adalah Nakamoto.

Penelitian oleh penulis keuangan Dominic Frisby memberikan bukti tidak langsung tetapi, seperti yang dia akui, tidak ada bukti bahwa Satoshi adalah Szabo. Dalam email Juli 2014 ke Frisby, Szabo berkata, “Saya khawatir Anda salah mengartikan saya sebagai Satoshi, tapi saya sudah terbiasa.”

Nathaniel Popper menulis di The New York Times bahwa “bukti paling meyakinkan menunjuk pada seorang pria Amerika keturunan Hungaria yang tertutup bernama Nick Szabo.” Pada tahun 2008, sebelum rilis bitcoin, Szabo menulis komentar di blognya tentang maksud membuat versi langsung dari mata uang hipotetisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.