Jenis – Jenis Market Bitcoin yang Perlu Diketahui

Market Bitcoin sangat ramai diperbincangkan di masyarakat. Karena itu, bitcoin memperoleh banyak perhatian dan minat. Namun, sebelum terjun lebih jauh ke dalam dunia bitcoin, Anda harus memahami jenis-jenis harga bitcoin.

Spot Market

Spot market adalah proses jual beli bitcoin dengan harga yang dapat Anda tentukan sendiri. Seperti perdagangan barang pada umumnya, memperoleh keuntungan dari spot market adalah dengan membeli barang lalu dijual kembali. Dalam transaksi spot market, terdapat dua kondisi.

Yang pertama adalah market maker yaitu kondisi ketika  Anda menjadi penjual, Anda menjual lebih tinggi dari harga pasar. Ketika Anda menjadi pembeli, Anda membeli lebih murah dari harga pasar. Yang kedua adalah market taker yaitu kondisi ketika Anda menjadi penjual, Anda menjua lebih rendah dari harga pasar. Ketika Anda menjadi pembeli, Anda membeli dengan harga lebih tinggi dari harga pasar.

Margin Trading

Margin trading adalah perdagangan dimana Anda ingin melakukan trading lebih dari modal yang Anda miliki yang berarti Anda menggunakan dana pinjam dari liquidity provider. Modal yang Anda miliki, dijadikan jaminan untuk membayar bunga dari pinjaman tersebut. Dinamakan margin trading karena memang diberikan margin. Misal 1:10 yang berarti trading dilakukan dengan perbandingan 1:10. Anda memiliki 1 bitcoin, dan bisa meminjam 10 bitcoin dengan jaminan 1 bitcoin.

Future Trading

Yaitu perdagangan berjangka bitcoin yang dilakukan untuk menjaga harga yang akan datang. Future trading menadi tempat perdagangan bitcoin dimana trader bisa meminimalisir risiko. Future trading dapat dilakukan di beberapa situs bitcoin, salah satunya yaitu Bitmex.

Binary Trading

Binary trading adalah trading bitcoin yang dilakukan dengan mengandalkan sistem ketepatan analisis tinggi untuk memprediksi perubahan harga pada waktu yang telah ditetapkan. Karena, hasil analisa yang tepat dapat membawa keuntungan yang besar. Binary trading biasanya dilaukan selama 24 jam setiap harinya. Selama itu, Anda bisa menentukan batar waktu untuk mengunci perubahan harga yang diprediksi.

Arbitrasi Trading

Arbitrasi trading adalah perdagangan bitcoin dimana Anda membeli di pasar A dan menjualnya di pasar B pada waktu yang berdekatan. Seperti pasar kebanyakan, Anda membeli di pasar dengan harga murah dan menjualnya dengan harga mahal. Kegiatan jual beli juga dapat dilakukan secara internasional.

Market Bitcoin

Dalam melakukan arbitrasi trading, ada hal-hal yang harus diperhatikan di antaranya,

  • Biaya trading bagi market maker dan market taker di bitcoin exchange harus diperhatikan
  • Biaya penarikan dari tiap pasar perlu diperhatikan
  • Pastikan bitcoin exchange yang dipilih dapat melakukan penarikan mata uang ke rekening negara Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.