Mengenal Gavin Wood

Gavin Wood lahir di Lancaster, Inggris, Inggris Raya. Ia sekolah di Lancaster Royal Grammar School dan lulus dari University of York dengan gelar Master of Engineering (MEng) dalam Sistem Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak pada tahun 2002 dan menyelesaikan PhD-nya berjudul “Visualisasi berbasis konten untuk membantu navigasi umum audio musik” pada tahun 2005 .

Karir Gavin Wood

Sebelum mengembangkan Ethereum, Wood bekerja sebagai ilmuwan riset di Microsoft. Dia ikut mendirikan Ethereum, yang dia gambarkan sebagai “satu komputer untuk seluruh planet,” dengan Vitalik Buterin, Charles Hoskinson, Anthony Di Iorio dan Joseph Lubin selama 2013–2014. Wood mengusulkan dan membantu mengembangkan Solidity, bahasa pemrograman untuk menulis kontrak pintar. Dia juga merilis Yellow Paper yang mendefinisikan Ethereum Virtual Machine, sistem runtime untuk kontrak pintar di Ethereum, pada tahun 2014. Dia juga menjabat sebagai chief technology officer pertama Ethereum Foundation. Wood meninggalkan Ethereum Foundation pada Januari 2016.

Pada tahun 2013, beliau menjabat sebagai CTO di OxLegal. Pada tahun 2015, Gavin mendirikan Grid Singularity, sebuah usaha yang memfasilitasi manajemen data energi terdesentralisasi dan platform pertukaran berbasis Internet. Dia adalah presiden dan pendiri Yayasan Web3, yang memelihara dan mengelola teknologi dan aplikasi di bidang protokol perangkat lunak web terdesentralisasi. Dia adalah pendiri dan pengembang utama Parity Technologies, sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris dengan misi untuk memungkinkan bisnis dan organisasi memanfaatkan blockchain

Gavin Wood mendirikan Parity Technologies (sebelumnya Ethcore), yang mengembangkan klien untuk jaringan Ethereum dan membuat perangkat lunak untuk perusahaan yang menggunakan teknologi blockchain, dengan Jutta Steiner, yang sebelumnya juga bekerja di Ethereum Foundation. Perusahaan merilis klien perangkat lunak Parity Ethereum, yang ditulis dalam Rust, pada awal 2016. Dia menjabat sebagai CWO Parity, pada 2018.

Dia mendirikan Web3 Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada infrastruktur dan teknologi internet terdesentralisasi, dimulai dengan jaringan Polkadot. Dibandingkan dengan mekanisme proof of work Ethereum, Polkadot mengandalkan mekanisme proof of stake dan memungkinkan pengembang untuk membuat blockchain mereka sendiri yang dapat berbicara dengan buku besar lain, membentuk sistem parachains. Pengembang dapat memutuskan jenis biaya transaksi yang akan dibebankan dan seberapa cepat untuk mengonfirmasi blok transaksi di seluruh buku besar digital. Pada 2019, ia mendirikan Kusama, lingkungan pengembangan eksperimental tahap awal untuk Polkadot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.