Cara Membeli, Menjual, dan Mencetak NFT Di OpenSea

Apa Itu NFT?

Sejak bitcoin diluncurkan pada tahun 2009, orang menjadi lebih terbiasa membeli dan memiliki aset yang hanya ada di dunia digital. Dengan blockchain sebagai teknologi yang mendasarinya, cryptocurrency memungkinkan cara untuk memiliki dan mentransfer nilai di internet tanpa harus melibatkan pihak ketiga. Menariknya, NFT membangun fungsionalitas ini untuk menciptakan kemungkinan baru yang berpusat pada keunikan aset digital.

Sedangkan aset kripto seperti bitcoin dan eter dapat dipertukarkan, atau dapat ditukar, NFT, berkat teknologi blockchain, memungkinkan aset digital yang benar-benar unik dan tidak dapat ditukar. Dengan kata lain, NFT menyediakan non-fungibility yang sangat dibutuhkan untuk membawa aset digital unik dan aset dunia nyata ke blockchain.

NFT dapat mewakili seni digital, aset dalam game, musik, atau item lain apa pun yang memerlukan sistem untuk mengautentikasi keunikan, kelangkaan, dan status kepemilikannya di ranah digital.
Kepemilikan NFT dapat ditransfer dalam pertukaran mata uang digital tanpa melibatkan pihak ketiga. Namun, agar hal ini terjadi, pembeli dan penjual yang tertarik harus melakukan tugas ini pada platform yang dirancang khusus untuk memungkinkan pencatatan, pembelian, dan penjualan NFT. Platform ini disebut pasar NFT.

Apa Itu OpenSea?

OpenSea adalah pasar NFT yang memasukkan gerakan NFT cukup awal untuk memantapkan dirinya tidak hanya sebagai pilihan pilihan bagi pedagang NFT tetapi juga tujuan favorit bagi pengembang NFT. Terlepas dari keunggulan penggerak pertamanya, keberhasilan OpenSea juga dapat ditelusuri ke desain dunia terbukanya yang memungkinkan siapa saja untuk membuat NFT secara gratis, serta membeli dan menjualnya di infrastruktur yang dapat diverifikasi yang didukung oleh teknologi blockchain. Desain dunia terbuka ini telah menarik para pembuat NFT berbondong-bondong, karena hanya ada sedikit atau tidak ada batasan untuk menghambat proses kreatif dan transaksional yang terlibat.

Sementara ini dipandang oleh beberapa orang sebagai aspek vital dari operasi OpenSea, kurangnya pembatasan telah diidentifikasi sebagai bom waktu, sedemikian rupa sehingga OpenSea secara singkat membatasi jumlah NFT yang dapat dicetak setiap pengguna, hanya untuk tim untuk membalikkannya. keputusan setelah menerima reaksi dari masyarakat untuk pindah.

Terlepas dari kontroversi seputar operasi OpenSea, OpenSea tetap menjadi pasar NFT terbesar, dengan lebih dari $3,5 miliar perdagangan NFT berbasis Ethereum diproses pada Agustus 2021 saja. Untuk menempatkan statistik ini ke dalam perspektif, OpenSea hanya memposting volume perdagangan NFT senilai $20 juta untuk keseluruhan tahun 2020.

Apa saja fitur OpenSea?

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan OpenSea.

  • Seperti yang dinyatakan sebelumnya, salah satu kekuatan inti OpenSea adalah ia menjalankan pasar terdesentralisasi di mana semua perdagangan dan aktivitas dicatat secara real time di blockchain.
  • Selain itu, ia telah memperluas operasinya di tiga infrastruktur blockchain, termasuk Ethereum, Polygon, dan Klatyn. Dengan kata lain, Anda dapat membeli NFT berdasarkan salah satu rantai ini di OpenSea.
  • Perlu juga disebutkan bahwa OpenSea telah memungkinkan proses yang mudah dipahami untuk semua fitur utamanya, termasuk mencetak, membeli dan menjual NFT. Intinya, Anda tidak perlu pengalaman coding untuk menggunakan platform.
  • Terakhir, ia menawarkan cara tanpa gas, atau tanpa biaya, untuk membuat NFT, berkat integrasi Polygon. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Polygon, ini adalah blockchain yang membuatnya lebih murah untuk bertransaksi dengan token Ethereum dan berinteraksi dengan aplikasi berbasis Ethereum.

Cara membuat NFT di OpenSea

Sebagai pengguna baru, Anda harus mendaftarkan akun sebelum dapat mulai berinteraksi dengan NFT di OpenSea. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyiapkan dompet, sebaiknya ekstensi MetaMask di Google Chrome. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengatur dompet MetaMask.
Setelah dompet Anda siap, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut untuk membuat akun di OpenSea.

Di beranda OpenSea, klik ikon dompet di sudut kanan situs web untuk menghubungkan dompet yang baru Anda buat. Anda akan melihat permintaan yang meminta Anda memilih dompet pilihan Anda. Pilih dompet pilihan Anda (yang, dalam hal ini, adalah MetaMask) dan selesaikan proses koneksi dari dompet Anda.

Setelah mengatur dompet Anda, Anda akan diarahkan ke halaman profil default Anda di OpenSea. Karena akun ini dalam status default, Anda perlu mempersonalisasi akun Anda. Sebelum ini, OpenSea akan meminta Anda untuk menandatangani perjanjian untuk melanjutkan. Setelah Anda menskalakan tahap ini, Anda dapat menyesuaikan akun Anda dengan memasukkan nama pengguna, menulis bio, dan menambahkan gambar profil.

Pada saat ini, Anda siap untuk mulai mencetak NFT. Satu hal yang harus Anda ingat, bagaimanapun, adalah bahwa tergantung pada blockchain yang ingin Anda buat NFT, Anda mungkin perlu memiliki cukup koin di dompet Anda untuk menutupi biaya transaksi yang berlaku. Jika Anda memilikinya, Anda dapat mulai mencetak dengan langkah-langkah berikut.
Dari halaman akun Anda, jika Anda hanya ingin membuat NFT tunggal, klik “Buat” dan masukkan nama, tautan URL deskripsi, dan apa pun yang ingin Anda sertakan. Gulir ke bawah dan klik “Buat” yang lebih rendah untuk mencetaknya di blockchain.

Untuk membuat koleksi, Anda harus mengklik ikon akun Anda, lalu “Koleksi saya.” Di bawah opsi “Buat koleksi baru”, klik “Buat” untuk menetapkan nama koleksi, masukkan deskripsi, dan unggah gambar. Anda dapat bermain-main dengan berbagai alat pengeditan di halaman ini untuk memberikan koleksi Anda nuansa yang benar-benar unik.

Untuk mencetak NFT di bawah koleksi yang baru saja Anda buat, klik “Tambah Item Baru.” Anda akan diarahkan ke halaman tempat Anda dapat memasukkan nama NFT dan mengunggah metadata, seperti file gambar, video, atau audio. Anda juga dapat menambahkan properti, seperti tahun pembuatan NFT, untuk membantu calon pembeli memfilter NFT dalam koleksi Anda.

  • Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan: Anda dapat menambahkan item yang tidak dapat dibuka yang hanya dapat diakses oleh pemilik NFT. Misalnya, Anda dapat menyertakan cara untuk menukarkan aset dunia nyata yang ditautkan ke NFT yang dimaksud, seperti representasi fisik karya tersebut atau tiket masuk ke suatu acara.
  • Setelah Anda puas dengan semua yang telah Anda lakukan sejauh ini, klik “Buat” dan tanda tangani pesan di dompet Anda yang terhubung. Jika Anda telah memilih untuk meluncurkan NFT Anda di Polygon, Anda tidak perlu membayar biaya transaksi untuk menyelesaikan proses pencetakan NFT ini. Sebaliknya, pencetakan pada Ethereum akan dikenakan biaya jaringan.

Bagaimana cara menjual NFT di OpenSea

Setelah membuat NFT Anda, Anda dapat mendaftarkannya di OpenSea untuk dijual. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan hal itu.

  • Dari halaman akun Anda, pilih gambar profil Anda di sudut kanan atas untuk membuka opsi Profil. Klik “Profil” untuk membuka dompet Anda, di mana Anda dapat memilih NFT yang ingin Anda jual.
  • Setelah Anda memilih NFT dan menavigasi ke halaman deskripsi NFT, klik “Jual” di sudut kanan atas layar untuk pindah ke halaman daftar.
  • Pada halaman daftar, Anda dapat memilih untuk menetapkan harga tetap untuk item tersebut atau memilih lelang berjangka waktu, yang mengharuskan pembeli yang tertarik untuk mengalahkan diri mereka sendiri untuk mendapatkan item tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengatur durasi penjualan atau memesan NFT untuk pembeli tertentu.
  • Di bagian bawah halaman ini, Anda akan menemukan semua biaya yang terkait dengan penjualan ini. Perhatikan bahwa OpenSea akan membebankan biaya layanan 2,5% pada semua penjualan dan biaya royalti 10% yang dibayarkan kepada pembuat asli NFT.
  • Setelah meninjau detail penjualan ini, Anda akan diminta untuk menandatangani transaksi di dompet Anda untuk mengonfirmasi penjualan. Karena ini adalah pertama kalinya Anda menjual item di OpenSea, Anda perlu menginisialisasi dompet Anda untuk melanjutkan. Juga, jika Anda telah mengimpor NFT dari pasar eksternal atau Anda tidak mencetaknya di Opensea, Anda perlu menjalani proses konfirmasi tambahan untuk mengizinkan OpenSea menjual NFT atas nama Anda.

Cara membeli NFT di OpenSea

Saat membeli NFT di OpenSea, Anda dapat membeli item dengan harga tetap atau membuat penawaran. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk membeli NFT dengan harga tetap.

  • Jelajahi NFT yang terdaftar untuk menemukan NFT yang ingin Anda beli. Setelah Anda menemukannya, pastikan Anda meninjau detail, termasuk riwayat harganya, dari NFT secara menyeluruh untuk memastikan bahwa NFT yang dimaksud layak untuk dibeli. Pastikan untuk memeriksa tanda bahaya penipuan NFT umum.
  • Setelah memverifikasi bahwa NFT adalah real deal, klik “Beli Sekarang” untuk meninjau pembelian lebih lanjut sebelum Anda diarahkan ke jendela pop-up checkout, di mana Anda dapat menemukan biaya akhir pembelian Anda.
  • Jika semua tampak baik-baik saja, tekan tombol “Checkout” untuk menyelesaikan transaksi. Dengan demikian, OpenSea akan mengarahkan Anda ke dompet Anda di mana Anda akan menemukan biaya gas yang berlaku. Klik “Konfirmasi” untuk menyelesaikan pembelian. Setelah menyelesaikan transaksi, Anda dapat melihat NFT di dompet Anda dengan kembali ke halaman profil Anda dan mengklik “Dalam Dompet.”

Sekarang setelah Anda mengetahui proses pembelian NFT dengan harga tetap, langkah-langkah berikut menggambarkan cara membeli barang di lelang.

  • Temukan NFT di lelang yang ingin Anda beli dan klik tombol “Buat Penawaran” setelah Anda meninjau detail lelang dan harga penawaran dari pembeli lain yang tertarik. Perhatikan bahwa tawaran baru harus setidaknya 5% lebih tinggi dari harga tawaran NFT saat ini sebelum dapat diterima.
  • Sekali lagi, Anda mungkin diminta untuk meninjau NFT untuk memastikan bahwa itu bukan palsu.
  • Selanjutnya, pilih mata uang digital yang Anda inginkan untuk melakukan penawaran. Jika Anda memilih mata uang yang belum pernah Anda gunakan untuk melakukan pembelian sebelumnya di OpenSea, Anda mungkin diminta untuk membayar biaya satu kali.
  • Pilih harga penawaran dan juga tanggal kedaluwarsa untuk penawaran Anda. Setelah ini selesai, yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu penjual memutuskan harga terbaik untuk menjual NFT. Jika item tersebut merupakan NFT yang sangat dicari, Anda mungkin perlu terus meningkatkan penawaran agar tidak ketinggalan barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.