Marubozu

Marubozu adalah jenis formasi grafik candlestick yang menunjukkan harga sekuritas tidak diperdagangkan di luar kisaran harga pembukaan dan penutupan. Ini adalah pola kandil yang tidak memiliki bayangan.

Memahami Marubozu

Nama Marubozu berasal dari kata Jepang untuk “close-cropped”, menunjukkan lilin tanpa bayangan. Karakteristik yang menentukan dari Marubozu pada grafik adalah tidak adanya bayangan atas atau bawah, yang berarti grafik tidak melampaui kisaran harga hari pembukaan. Pada hari naik, harga pembukaan sama dengan harga terendah hari itu, dan harga penutupan sama dengan harga tertinggi hari itu. Pada hari-hari ketika saham telah naik, ini merupakan indikasi dari pasar bull, dan pada hari-hari ketika saham tersebut telah hilang, ini merupakan indikasi dari pasar beruang.

Kenaikan hari, atau hari naik, sangat menunjukkan bahwa ada permintaan yang lebih besar untuk saham daripada pasokan. Atau setidaknya permintaan saham lebih besar daripada keinginan untuk menjualnya. Kebalikannya bisa dikatakan pada hari kalah, atau turun.

Marubozu

Grafik candlestick telah populer sejak zaman pedagang beras dan pedagang beras Jepang. Mereka mengacu pada bagian lebar kandil sebagai badan sebenarnya, dan mereka akan menggunakannya untuk menentukan apakah harga penutupan telah naik di atas atau turun di bawah harga pembukaan.

Ketika jenis candle Marubozu ditemukan dalam tren naik, itu digunakan untuk memberi sinyal bahwa bulls secara agresif membeli aset dan ini menunjukkan bahwa momentum dapat berlanjut ke atas. Candle Marubozu yang bullish (buka sama dengan rendah, tinggi sama dengan dekat) dapat menandakan pembalikan ketika ditemukan di akhir tren turun karena menunjukkan bahwa sentimen telah berubah dan bahwa kenaikan kemungkinan akan terus mendorong aset lebih tinggi. Di sisi lain, Marubozu bearish yang ditemukan dalam tren turun (buka sama dengan tinggi, rendah sama dengan tutup) dapat menandakan tekanan jual lebih lanjut, terutama jika ditemukan di puncak tren naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.