Blue Chip Stock, Saham dengan Kinerja Terbaik

Blue chip adalah saham unggulan yang memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan saham biasa karena memiliki angka kapitalisasi pasar yang tidak kecil. Blue chip adalah saham yang berasal dari perusahaan-perusahaan yang memiliki aset besar, likuiditas yang baik, serta pendapatan yang stabil. Istilah blue chip berasal dari kasino yang di sana blue chip berarti memiliki nilai paling besar. Di dalam blue chip terdapat beberapa hal yang harus diketahui, yaitu :

Kapitalisasi Besar

Blue chip harus memiliki kapitalisasi yang besar. Perusahaan blue chip bukanlah perusahaan sembarangan, karena biasanya perusahaan blue chip adalah perusahaan yang sudah baik dan terus bertumbuh kembang. Perusahaan tersebut haruslah perusahaan besar yang memiliki aset yang besar pula. Karena jika perusahaan memiliki aset yang besar, biasanya memiliki kapitalisasi yang besar pula. Dengan memiliki kapitalisasi yang besar, maka perusahaan akan mendapatkan nilai yang tinggi, dan pasar akan sulit untuk memanipulasi harga saham.

Blue chip

Likuiditas

Selain kapitalisasi, tingkat likuiditas juga harus diperhatikan. Seberapa banyak saham yang dimiliki publik dan seberapa banyak saham tersebut ditransaksikan. Jika kepemilikan publik termasuk sedikit, maka harga saham akan mudah untuk dimanipulasi walaupun kapitalisasinya besar. Sehingga saham tersebut tidak likuid di bursa.

Lamanya Perusahaan

Penting untuk mengetahui nilai dan aktifitas saham sebuah perusahaan yang dapat dilihat dari seberapa lama perusahaan tersebut ada di bursa. Ideal lamanya perusahaan berada di dalam bursa yaitu minimal lima tahun. Barulah bisa dinilai aktifitas dan kinerjanya.

Kinerja Perusahaan

Perusahaan blue chip memiliki kinerja fundamental yang bisa kita lihat selama kurun waktu tertentu supaya dapat mengetahui apakah perusahaan selalu memberikan dividen kepada pemegang saham atau tidak. Selain kinerja fundamental, kinerja keuangan juga harus diperhatikan. Perusahaan blue chip harus memiliki kinerja keuangan yang baik dan profesional agar dapat konsisten memberikan dividen kepada pemegang saham.

Reputasi yang Baik

Perusahaan blue chip harus memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat dengan cara memberikan keuntungan-keuntungan untuk masyarakat banyak. Karena sangat disayangkan dan akan sia-sia jika perusahaan tersebut bertumbuh kembang tetapi memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat.

Keunggulan dan Kelemahan Blue Chip

Keunggulan

  • Kategori saham yang aman untuk pemula
  • Harga saham yang stabil
  • Memiliki kinerja fundamental yang baik secara relatif
  • Kecilnya risiko likuiditas

Kelemahan

  • Harga yang tidak murah
  • Perlu modal yang besar
  • Memiliki pergerakan harga saham yang lambat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.