Analisis Fundamental dan Teknikal untuk Harga Bitcoin

Untuk memprediksi atau memperkirakan naik turunnya harga bitcoin, Anda dapat melakukan teknik yang terdiri dari dua jenis, yaitu analisis fundamental dan analisis  teknikal. Berikut penjelasannya:

Analisa Fundamental

Analisis fundamental adalah teknik untuk memprediksi harga berdasarkan suatu kejadian yang sekiranya berpengaruh bagi naik atau turunnya harga bitcoin. Analisis fundamental terdiri dari beberapa faktor, yaitu:

  • Faktor kebijakan pemerintah. Letak mayoritas sirkulasi keberadaan bitcoin tergantung pada kebijakan pemerintah. Pemerintahan di tempat di mana bitcoin mendominasi, akan memberikan pengaruh  naik turunnya harga melalui pemberitaan seputar bitcoin yang disebar ke seluruh masyarakat. Jika berita yang tersebar adalah berita baik, maka harga akan naik. Jika berita yang tersebar adalah berita butuk, maka harga akan turun.
  • Faktor ekonomi. Suatu negara yang mengalami krisis ekonomi, akan mempengaruhi perubahan harga pada bitcoin. Misal, di suatu negara mengalami krisis ekonomi dan melakukan pembekuan ATM atau bank di negara tersebut. Alhasil masyarakat tidak bisa melakukan transaksi dengan mata uang mereka, dan beralih menggunakan bitcoin. Pembelian bitcoin dalam jumlah besar dan waktu yang singkat akan berpengaruh besar bagi pergerakan harga bitcoin.
  • Faktor sosial budaya. Sosial dan budaya suatu negara dapat mempengaruhi harga bitcoin. Misal, suatu perayaan yang membuat masyarakat membutuhkan dana sehingga menjual bitcoin, atau sulitnya masyarakat membeli bitcoin karena aktivitas perbankan ditutup.

Analisis Teknikal

Analisis teknikal adalah sebuah teknik analisis di mana Aanda akan memprediksi pergerakan harga melalui pembacaan grafik. Grafik untuk melakukan analisis teknikal ada beberapa macam, yaitu:

analisis bitcoin
  • Candlestick. Candlestick adalah grafik yang bentuknya menyerupai lilin yang mudah dibaca. Grafik ini umumnya dijadikan alat untuk mengindikasi pergerakan harga secara global. Dengan grafik ini, Anda akan mudah melihat pergerakan naik turunnya harga.
  • Bollinger Bands. Bollinger bands adalah suatu indikator yang dapat digunakan untuk membaca pergerakan harga yang digunaan untuk mengukur volatilitas pada pasar. yang dapat dilihat dari bollinger bands adalah ramai atau tidaknya suatu pasar.
  • Simple Moving Average. Simple moving average adalah sebuah indikator yang membantu Anda untuk menentukan tren pergerakan harga yang akan terjadi. Umumnya, simple moving average akan memperhalus pergerakan harga dalam rentang waktu yang ditentukan sehingga akan mempermudah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.