Mengenal Coinbase

Coinbase adalah pertukaran mata uang kripto di mana Anda dapat membeli koin populer seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin. Tidak semua koin didukung di Coinbase, tetapi ada lebih dari 90 jenis mata uang kripto yang berbeda di platform. Sementara itu, ada ribuan cryptocurrency berbeda yang tersedia di seluruh dunia. Namun, Coinbase memungkinkan Anda memperdagangkan jenis kripto yang paling populer, sehingga berfungsi dengan baik untuk sebagian besar tujuan.

Ini semua menjadikannya tempat yang baik bagi investor kripto baru untuk membeli dan menjual koin favorit mereka. Tapi apakah Coinbase aman digunakan? Bagaimana dengan biaya? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan lebih banyak lagi di bawah ini.

Cara menggunakan Coinbase: Panduan pemula

Jika Anda baru mengenal Coinbase dan mungkin bahkan cryptocurrency secara umum, semuanya bisa tampak luar biasa. Jangan khawatir, ini sebenarnya cukup sederhana, dan kami akan menjelaskan cara memulainya.

Cara membuka akun Coinbase

Membuka akun itu mudah. Inilah yang dikatakan Coinbase bahwa Anda harus membuat akun:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tanda pengenal berfoto yang dikeluarkan pemerintah, seperti SIM atau tanda pengenal negara
  • Komputer atau smartphone dengan akses internet
  • Nomor telepon untuk verifikasi SMS
  • Versi terbaru dari browser internet Anda

Jika semua ini tidak menjadi masalah, Anda siap membuat akun. Untuk melakukannya, masukkan nama depan dan belakang Anda, email, negara tempat tinggal, dan buat kata sandi. Anda juga harus mencentang kotak yang mengonfirmasi bahwa Anda berusia minimal 18 tahun. Satu-satunya hal yang tersisa untuk dilakukan setelah itu adalah mengatur kata sandi. Pastikan untuk menetapkan kata sandi yang kuat dan unik untuk menjaga keamanan akun Anda.

Anda juga ingin menambahkan metode pembayaran sehingga Anda dapat memindahkan uang ke akun Anda. Pelanggan A.S. dapat menggunakan berbagai metode, termasuk rekening bank tertaut, kartu debit, PayPal, Apple Pay, atau transfer kawat. Perhatikan bahwa PayPal hanya tersedia untuk pelanggan A.S., dan Anda hanya dapat menggunakannya untuk membeli cryptocurrency atau untuk menguangkan.

Setelah Anda membuat akun dan menambahkan metode pembayaran, Anda siap untuk memulai perdagangan mata uang kripto.

Coinbase

Cryptocurrency apa yang didukung Coinbase?

Meskipun Coinbase tidak mendukung setiap cryptocurrency yang ada, Coinbase mendukung banyak koin paling populer. Jadi kebanyakan orang yang membeli dan menjual di Coinbase tidak akan mengalami masalah apa pun. Namun, pedagang yang lebih mahir mungkin merasa perlu membuat akun di tempat lain.

Ada lebih dari 90 koin yang tersedia di Coinbase, jadi kami tidak akan mencantumkan satu per satu. Tapi berikut adalah beberapa yang paling populer yang Coinbase menyediakan akses ke:

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Cardano
  • Solana
  • Dogecoin
  • Chainlink
  • Litecoin
  • Tether
  • Bitcoin Cash

Ini hanya beberapa koin yang tersedia, tetapi Anda dapat menemukan daftar lengkapnya di situs web Coinbase.

Cara membeli dan menjual cryptocurrency di Coinbase

Jika Anda telah menautkan metode pembayaran ke Coinbase, membeli dan menjual tidak akan lebih mudah. Saat masuk ke akun Anda, berikut adalah langkah-langkah untuk membeli cryptocurrency:

  1. Klik tombol Beli/Jual di pojok kanan atas.
  2. Tentukan apakah ini adalah pembelian satu kali atau harian/mingguan/bulanan.
  3. Masukkan jumlah pembelian Anda.
  4. Pilih mata uang kripto yang akan dibeli.
  5. Pilih metode pembayaran Anda.

Ingatlah bahwa ketika Anda membeli menggunakan rekening bank, transaksi biasanya memakan waktu 3 hingga 5 hari kerja untuk diselesaikan.

Menjual bahkan lebih mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan berapa banyak yang ingin Anda jual (atau pilih “jual semua”). Kemudian tunjukkan koin mana yang ingin Anda jual dan bagaimana Anda ingin dibayar. Perhatikan bahwa biaya yang sama berlaku untuk pembelian dan penjualan.

Apakah Coinbase aman?

Wajar jika Anda bertanya-tanya apakah Coinbase aman, terutama jika Anda banyak berinvestasi. Plus, ini masih merupakan platform yang relatif baru. Meskipun Coinbase umumnya merupakan platform yang aman dan memiliki langkah-langkah keamanan seperti otentikasi dua faktor, tidak kebal terhadap serangan. Pencarian cepat online mengungkapkan laporan pengguna yang akun mereka terkuras dalam semalam. Para ahli menunjuk pada pertukaran SIM sebagai salah satu penyebab insiden ini.

Meskipun ini mungkin terdengar menakutkan, itu tidak berarti Anda harus menghindarinya. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mempersulit calon peretas, seperti menggunakan apa yang disebut dompet non-penahanan. Pilihan lainnya adalah dompet perangkat keras.

Gagasan di balik berbagai jenis dompet ini adalah Anda tidak mengandalkan Coinbase untuk menyimpan uang Anda. Mereka memungkinkan Anda untuk menyimpan kripto Anda sendiri menggunakan aplikasi, perangkat lunak, atau perangkat keras. Jadi, bahkan jika seseorang mendapatkan akses ke akun Anda, itu tidak akan memberi mereka akses ke dompet, tempat cryptocurrency Anda sebenarnya disimpan.

Kelemahan dari pendekatan ini adalah mengharuskan Anda untuk mengingat kata sandi Anda sendiri, yang juga dikenal sebagai kunci pribadi. Jika Anda pernah mendengar laporan orang kehilangan jutaan karena mereka terkunci dari dompet cryptocurrency mereka, mereka mungkin memiliki dompet non-penahanan. Meskipun metode ini lebih aman, Anda bertanggung jawab untuk memastikan Anda dapat mengakses dompet Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.