Mengenal Bitstamp

Bitstamp adalah exchange mata uang kripto yang berbasis di Luxembourg. Ini memungkinkan perdagangan antara mata uang fiat, bitcoin, dan cryptocurrency lainnya. Ini memungkinkan USD, EUR, GBP, bitcoin, ALGO, XRP, Ether, litecoin, bitcoin cash, XLM, Link, OMG Network, USD Coin atau setoran dan penarikan PAX.

Perusahaan ini didirikan sebagai alternatif yang berfokus pada Eropa untuk pertukaran bitcoin yang saat itu dominan, Mt. Gox. Sementara perusahaan berdagang dalam dolar AS, ia menerima setoran uang fiat secara gratis hanya melalui Area Pembayaran Euro Tunggal Uni Eropa, sebuah mekanisme untuk mentransfer uang antar rekening bank.

Sejarah

Perusahaan ini dipimpin oleh CEO Nejc Kodrič, anggota komunitas bitcoin yang dikenal luas, yang ikut mendirikan perusahaan pada Agustus 2011 dengan Damijan Merlak di negara asalnya, Slovenia, tetapi kemudian memindahkan pendaftarannya ke Inggris pada April 2013, lalu ke Luksemburg. pada tahun 2016. Bitstamp mengalihdayakan operasi tertentu ke Inggris karena kurangnya layanan keuangan dan hukum yang memadai di Slovenia.

Ketika bergabung di Inggris, perusahaan tersebut mendekati Otoritas Perilaku Keuangan Inggris untuk mendapatkan panduan, tetapi diberitahu bahwa bitcoin tidak digolongkan sebagai mata uang, sehingga pertukaran tidak tunduk pada peraturan. Bitstamp mengatakan bahwa itu malah mengatur dirinya sendiri, mengikuti serangkaian praktik terbaik untuk mengautentikasi pelanggan dan mencegah pencucian uang. Pada September 2013, perusahaan mulai mewajibkan pemegang akun untuk memverifikasi identitas mereka dengan salinan paspor dan catatan resmi alamat rumah mereka.

Bitstamp
Bitcoin trade graph candlesticks online. Btc USD buy sell trade stocks. Blockchain cryptocurrency trading

Pada bulan April 2016, pemerintah Luksemburg memberikan lisensi kepada Bitstamp untuk diatur sepenuhnya di UE sebagai lembaga pembayaran, yang memungkinkannya melakukan bisnis di semua 28 negara anggota UE.

Pada April 2018, Nexon dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli Bitstamp.

Pada Oktober 2018, Bitstamp diakuisisi oleh NXMH, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Belgia.

Pada Oktober 2020, mesin pencocokan Bitstamp mendapat pembaruan dari Nasdaq.

Gangguan layanan

Pada bulan Februari 2014, perusahaan menangguhkan penarikan selama beberapa hari karena penolakan layanan yang didistribusikan. Majalah Bitcoin melaporkan bahwa orang-orang di balik serangan itu mengirimkan permintaan tebusan 75 bitcoin ke Kodrič, yang menolak karena kebijakan perusahaan yang melarang negosiasi dengan “teroris”.

Pada Januari 2015, Bitstamp menangguhkan layanannya setelah peretasan di mana kurang dari 19.000 bitcoin dicuri, dibuka kembali hampir seminggu kemudian.

Compliance

Pada bulan September 2018, kantor Kejaksaan Agung New York menghasilkan 42 halaman “Laporan Inisiatif Integritas Pasar Virtual” setelah meminta empat belas pertukaran mata uang virtual untuk berpartisipasi dalam survei. Laporan tersebut bertujuan untuk menciptakan transparansi yang lebih besar terkait keamanan, tindakan anti-peretasan, dan praktik bisnis. Bitstamp termasuk di antara sepuluh platform yang merespons; dicatat bahwa dari sepuluh ini, Bitstamp termasuk di antara tujuh yang mengonfirmasi bahwa mereka telah meminta persetujuan, secara langsung atau melalui anak perusahaan, dari Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (“DFS”) untuk mengoperasikan bisnis mata uang virtual di New York Negara. Laporan tersebut selanjutnya mengatakan bahwa persetujuan tersebut menyiratkan kesepakatan untuk secara aktif melindungi dana yang disimpan, mencegah pencucian uang dan aktivitas ilegal, dan menanggapi risiko lainnya. Bitstamp adalah salah satu dari dua pertukaran yang mengklaim memblokir akses ke pertukaran mereka dengan VPN. Selain memberikan kebijakan biaya, Bitstamp juga mengklaim melakukan audit kepemilikan mata uang virtual mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.