Mengenal Price-to-Earnings Ratio – P/E Ratio

Price-to-Earnings Ratio – P/E Ratio adalah rasio untuk menilai perusahaan yang mengukur harga saham saat ini relatif terhadap pendapatan per saham (EPS). Rasio harga terhadap pendapatan kadang-kadang juga dikenal sebagai kelipatan harga atau kelipatan pendapatan.

Rasio P / E digunakan oleh investor dan analis untuk menentukan nilai relatif saham perusahaan dalam perbandingan apel-ke-apel. Ini juga dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan dengan catatan sejarahnya sendiri atau untuk membandingkan pasar agregat satu sama lain atau dari waktu ke waktu.

Price-to-Earnings Ratio – P/E Ratio

Analis dan investor meninjau rasio P / E perusahaan ketika mereka menentukan apakah harga saham secara akurat mewakili proyeksi laba per saham. Berikut rumus dan perhitungan yang digunakan untuk proses ini.

Untuk menentukan nilai P / E, seseorang harus membagi harga saham saat ini dengan laba per saham (EPS). Harga saham (P) saat ini dapat diperoleh dengan memasukkan simbol ticker saham ke situs web keuangan mana pun, dan meskipun nilai konkret ini mencerminkan apa yang saat ini harus dibayar investor untuk sebuah saham, EPS adalah angka yang sedikit lebih samar.

EPS hadir dalam dua variasi utama. Yang pertama adalah metrik yang tercantum di bagian fundamental di sebagian besar situs keuangan; dengan notasi “P / E (TTM)”, di mana “TTM” adalah akronim Wall Street untuk “trailing 12 months”. Angka ini menandakan kinerja perusahaan selama 12 bulan terakhir. Jenis EPS kedua ditemukan dalam rilis pendapatan perusahaan, yang sering kali memberikan panduan EPS. Ini adalah tebakan terbaik perusahaan tentang apa yang diharapkan diperolehnya di masa depan.


Penilaian Dari P / E

Rasio harga terhadap pendapatan atau P / E adalah salah satu alat analisis saham yang paling banyak digunakan yang digunakan oleh investor dan analis untuk menentukan penilaian saham. Selain menunjukkan apakah harga saham perusahaan dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah, P / E dapat mengungkapkan bagaimana penilaian saham dibandingkan dengan kelompok industrinya atau tolok ukur seperti Indeks S&P 500.

Intinya, rasio harga terhadap pendapatan menunjukkan jumlah dolar yang diharapkan investor untuk diinvestasikan di sebuah perusahaan untuk menerima satu dolar dari pendapatan perusahaan itu. Inilah sebabnya mengapa P / E kadang-kadang disebut sebagai price multiple karena menunjukkan seberapa banyak investor bersedia membayar untuk setiap dolar dari pendapatannya. Jika sebuah perusahaan saat ini berdagang dengan P / E kelipatan 20x, interpretasinya adalah bahwa investor bersedia membayar $ 20 untuk $ 1 dari pendapatan saat ini.

Rasio P / E membantu investor menentukan nilai pasar saham dibandingkan dengan pendapatan perusahaan. Singkatnya, rasio P / E menunjukkan apa yang pasar bersedia bayar hari ini untuk sebuah saham berdasarkan pendapatan masa lalu atau masa depan. P / E yang tinggi dapat berarti bahwa harga saham relatif tinggi terhadap pendapatan dan mungkin dinilai terlalu tinggi. Sebaliknya, P / E yang rendah mungkin menunjukkan bahwa harga saham saat ini relatif rendah terhadap pendapatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge