Mengenal Wallet Metamask

Wallet Metamask adalah dompet kripto yang menyediakan dukungan untuk token berbasis ETH seperti token ERC-721 dan ERC-20. Ini tersedia sebagai plugin browser yang dapat Anda instal dengan mudah, sama seperti ekstensi browser lainnya. Menariknya, Anda dapat menikmati koneksi tanpa batas ke aplikasi terdesentralisasi berbasis Ethereum setelah menginstal ekstensi Metamask Chrome atau ekstensi Firefox. Anda dapat dengan mudah mengakses aplikasi terdesentralisasi seperti protokol pertanian hasil dan pasar NFT dengan dompet.

Dengan fasilitas integrasi browser web dalam bentuk plugin, Anda dapat memiliki pengalaman yang nyaman dalam penggunaan MetaMask. Ini mungkin salah satu alasan utama untuk tingkat adopsi yang meningkat pesat. Saat permintaan untuk web terdesentralisasi mulai mendapatkan momentum, MetaMask dapat berfungsi sebagai pintu gerbang bagi Anda ke dunia baru dengan peluang menarik dengan dApps, penelusuran web, dan DeFi, serta teknologi blockchain.

Langkah-langkah untuk setting Metamask

Faktor penting berikutnya dalam diskusi apa pun di wallet Metamask jelas akan mengarahkan Anda ke cara kerjanya. Memahami penggunaan alat baru dapat memberikan kesan terperinci tentang betapa mudahnya bekerja dengannya. Salah satu hal pertama tentang MetaMask adalah bahwa ini adalah alternatif yang relatif lebih sederhana di antara browser aplikasi terdesentralisasi dan dompet Ethereum.

Yang terpenting, Anda akan terkejut menemukan cara mudah untuk mengatur Metamask dalam beberapa menit. Yang Anda butuhkan untuk menggunakan dompet kripto adalah Google Chrome atau browser berbasis Chromium seperti Firefox atau Brave. Mari kita lihat langkah-langkah penting yang dapat membantu Anda mengetahui dasar-dasar cara menggunakan Metamask secara efektif.

  • Download Metamask

Langkah pertama jelas akan dimulai dengan download Metamask, dan Anda dapat menggunakan situs web resmi untuk hal yang sama. Situs web resmi dapat menawarkan Anda dukungan untuk tiga sistem operasi utama seperti Android, iOS, dan Windows. Anda perlu mengunduh ekstensi Metamask Firefox atau Chrome sesuai dengan browser pilihan Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan wallet kripto di desktop atau platform seluler sesuai dengan kenyamanan Anda. Menariknya, prosedur pengunduhan Metamask hampir serupa untuk semua jenis browser yang didukung, sehingga menawarkan kemudahan pengaturan yang lebih baik.

  • Membuat Wallet Anda

Setelah Anda selesai menginstal ekstensi Metamask Chrome atau Firefox, Anda perlu mengidentifikasi langkah-langkah untuk membuat dompet Anda. Layar splash yang muncul setelah Anda menginstal MetaMask akan menyambut Anda di platform. Temukan tombol “Memulai” dan klik untuk memulai proses pembuatan dompet Metamask Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengetuk tombol “Buat Dompet” yang muncul segera setelah Anda mengklik “Memulai.”

Selain itu, Anda akan menemukan pertanyaan yang menanyakan kepada pengguna apakah mereka ingin meningkatkan platform. Jika Anda tidak memiliki minat yang sama, maka Anda dapat mengklik “Tidak, Terima kasih” atau klik “Saya setuju.” Sekarang, Anda dapat dengan jelas melihat kemudahan dan fleksibilitas dalam menjawab cara menyiapkan Metamask dalam hitungan menit.

  • Membuat Kata Sandi Anda

Langkah selanjutnya dalam menggunakan ekstensi Metamask Firefox atau Chrome yang telah Anda instal melibatkan pembuatan kata sandi Anda. Anda perlu mengambil kata sandi yang kuat yang harus memiliki minimal 8 karakter. Pastikan Anda telah menggunakan kata sandi unik yang sulit ditebak.

Praktik terbaik untuk membuat kata sandi Anda untuk MetaMask akan mengacu pada penggunaan simbol, huruf besar dan kecil, dan simbol. Konfirmasikan kata sandi Anda sekali lagi di bidang yang ditentukan dan baca “Ketentuan Penggunaan” dengan mengklik tautan. Setelah Anda selesai dengan “Ketentuan Penggunaan”, Anda cukup mengklik “Buat” untuk mengatur kata sandi Anda.

  • Konfirmasi Frasa Cadangan

Setelah Anda membuat kata sandi untuk dompet Metamask Anda, Anda akan menerima frasa cadangan 12 kata. Frasa cadangan sangat penting untuk mengakses dana Anda di dompet, dan Anda harus mencatatnya persis seperti yang ditampilkan di layar. Frasa cadangan terbukti bermanfaat untuk memulihkan dompet kripto Anda jika Anda tidak dapat mengakses komputer Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu menyimpan frase cadangan Anda di lokasi yang aman. Anda dapat menemukan jawaban Anda untuk ‘apakah Metamask aman’ dengan bantuan frase cadangan. Jangan memaparkan frasa cadangan Anda kepada siapa pun dan merahasiakan frasa 12 kata untuk melindungi aset Anda.

Setelah menuliskan frase cadangan rahasia, Anda perlu mengklik tombol “Next”. Anda harus mengkonfirmasi frase cadangan di layar berikutnya. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan frase cadangan dalam urutan yang sama persis seperti yang terlihat pada layar sebelumnya. Setelah Anda memasukkan frasa, Anda dapat mengklik “Konfirmasi” untuk menyelesaikan prosesnya.

  • Langkah Terakhir

Mengonfirmasi frasa cadangan rahasia adalah langkah kedua dari belakang dalam cara menyiapkan Metamask. Anda harus mengklik “Semua Selesai” di halaman terakhir. Selanjutnya, pengguna akan masuk secara otomatis ke Metamask. Anda dapat masuk lagi dengan mengeklik ikon yang ditambahkan untuk ekstensi peramban, biasanya ditemukan di dekat bilah URL.

Wallet Metamask

Menggunakan Metamask

Sekarang setelah Anda menyiapkan wallet Metamask, Anda perlu mencari tahu cara menggunakannya. Faktanya, Anda tidak akan menemukan jawaban yang rumit tentang cara menggunakan Metamask. Anda dapat menggunakan dompet dengan fungsionalitas dasar seperti tab “Aset”, yang membantu Anda menemukan daftar aset Anda. Selain itu, tab “Aktivitas” dapat membantu Anda melihat riwayat transaksi Anda.

  • Mengirim Transaksi

Sorotan menarik lainnya tentang wallet Metamask adalah menyederhanakan transaksi. Anda dapat memasukkan alamat penerima dan jumlah yang ingin Anda kirim bersama dengan biaya transaksi dan klik “Kirim” untuk mengirim transaksi. Pengguna juga dapat memanfaatkan informasi dari SPBU ETH atau platform terkait untuk penyesuaian manual biaya transaksi. Setelah Anda mengklik “Berikutnya”, Anda dapat memiliki fleksibilitas untuk mengonfirmasi atau menolak transaksi di halaman berikutnya.

  • Terhubung dengan dApps

Aplikasi MetaMask yang penting dan paling menonjol berikutnya berfokus pada koneksi dengan dApps atau kontrak pintar. Anda dapat mengklik tombol “Hubungkan ke Dompet” atau opsi serupa pada platform aplikasi terdesentralisasi yang ingin Anda gunakan. Setelah Anda mengklik tombol, Anda akan menemukan prompt yang meminta izin untuk menghubungkan dApp ke dompet Anda. Saat Anda terhubung dengan aplikasi terdesentralisasi, itu dapat melihat alamat publik Anda. Namun, mereka tidak dapat mengakses dana Anda. Menariknya, dApps terhubung secara otomatis ke dompet Metamask, sehingga memastikan proses koneksi yang disederhanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.