Kisah Jed McCaleb

Jed McCaleb dianggap oleh rekan-rekannya sebagai sesuatu yang jenius dalam hal kriptografi, protokol P2P, dan semua sistem framework lain yang mendukung implementasi arsitektur blockchain. Dia adalah pengusaha serial yang telah terlibat dalam pendirian sejumlah perusahaan teknologi selama bertahun-tahun. Dia telah mendirikan 2 perusahaan blockchain terkenal yang diyakini banyak ahli dapat menjadi Bitcoin baru.

Jed adalah peselancar yang rajin dan suka pergi ke tempat-tempat seperti Kosta Rika dan Brasil di mana dia bisa mengendarai ombak yang kuat untuk bersenang-senang. Tidak asing dengan kontroversi, Jed McCaleb dilihat oleh banyak orang sebagai karakter polarisasi dalam komunitas crypto tetapi tidak dapat disangkal kejeniusannya.

Early Life

Jed McCaleb lahir pada tahun 1975. Dia menghabiskan tahun-tahun pembentukannya di Little Rock, Arkansas. Dia sempat kuliah di UC Berkeley sebelum drop out saat masih di tahun pertama untuk memulai karirnya sebagai pengusaha teknologi. Pada tahun 2008 istrinya MiSoon Burzlaff hamil dan melahirkan seorang putri. Kurang dari 2 tahun kemudian, pasangan itu memiliki seorang putra dan keluarganya pindah dari Williamsburg ke Patterson bagian utara.

KARIR TEKNOLOGI PRE-BLOCKCHAIN

Jauh sebelum terjun ke ruang teknologi blockchain, Jed telah mendirikan perusahaan teknologi. Seorang programmer dan kriptografer berbakat, Jed telah menarik perbandingan selama karirnya dengan bapak komputasi modern dan kecerdasan buatan, Alan Turing. Kriptografi selalu menjadi setelan kuat Jed dan telah memanifestasikan dirinya selama bertahun-tahun di industri teknologi.

eDONKEY

Jed keluar dari UC Berkeley dan mendirikan eDonkey pada tahun 2000. eDonkey adalah perusahaan file-sharing seperti Napster yang sudah mulai mengalami kesulitan operasional. Jed bekerja sama dengan Sam Yagan untuk mengembangkan Jaringan eDonkey, juga disebut jaringan eDonkey2000 atau disingkat eD2K. Program ini adalah jaringan berbagi file P2P yang memungkinkan file besar untuk dibagikan di antara pengguna. Arsitektur jaringan terdesentralisasi yang berarti tidak ada file yang di-host di server pusat mana pun tetapi dibagikan langsung di antara pengguna.

Pada tahun 2004, eD2K telah menjadi jaringan berbagi file paling populer di web yang melampaui FastTrack. Menawarkan sebanyak 200 server, eD2K menangani rata-rata hampir 2 miliar file yang dibagikan oleh sekitar 3 juta pengguna. Hampir setengah dari pengguna ini dihosting di server Razorback2 hingga tahun 2006 ketika agen penegak hukum di Belgia menyita server tersebut.

Jed McCaleb

Pada tahun 2006, RIAA menggugat MetaMachine Inc., perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menjalankan program klien eD2K. MetaMachine Inc. membayar $30 juta dan setuju untuk menghentikan distribusi program perangkat lunak eDonkey. Gugatan itu muncul atas dasar dugaan pelanggaran hak cipta karena berbagi musik berlisensi secara tidak sah di Layanan eDonkey. Baik Jed McCaleb dan Sam Yagan lolos dari tindakan hukum apa pun.

eDonkey mulai menurun dan Jed segera meninggalkan program. Pada tahun berikutnya, BitTorrent mengambil alih eDonkey sebagai layanan berbagi file paling populer di web. Dengan demikian, dimulailah era Torrent dan protokol berbagi file P2P yang canggih.

KARIR TEKNOLOGI BLOCKCHAIN

Sementara Jed McCaleb dan MiSoon Burzlaff memulai sebuah keluarga pada tahun 2009, Satoshi Nakamoto yang tidak dikenal meluncurkan Bitcoin, sistem pemrosesan pembayaran berbasis blockchain yang akan melahirkan revolusi blockchain dan crypto. Dengan pengalamannya di banyak teknologi inti yang mendukung arsitektur blockchain seperti jaringan P2P terdesentralisasi dan kriptografi, Jed segera menjadi tertarik pada Bitcoin. Dia tentu saja menemukan teknologi blockchain sebagai proposisi yang menarik dan segera mulai mengeksplorasi teknologi secara detail.

MT. GOX

Setelah tertarik pada blockchain dan cryptocurrency, Jed segera mulai tertarik pada ruang yang melampaui aspek teknis industri. Yang menarik baginya adalah stabilitas ekonomi cryptocurrency. Tanpa platform untuk perdagangan mata uang, cryptocurrency tidak memiliki peluang untuk bertahan. Dengan pemikiran inilah ia memutuskan untuk membuat platform pertukaran Bitcoin Mt. Gox pada bulan Juli 2010.

Mt. Gox adalah singkatan dari Magic: The Gathering Online Exchange, yang merupakan layanan pertukaran perdagangan kartu fantasi yang telah dibuat Jed beberapa waktu lalu. Dia memiliki domain dan memutuskan untuk menulis ulang kode domain ke layanan pertukaran Bitcoin. Kurator sejarah cryptocurrency tidak diragukan lagi akan menandai momen ini sebagai titik balik penting dalam narasi cryptocurrency yang lebih luas.

Dalam beberapa bulan setelah peluncuran platform pertukaran Mt. Gox, layanan ini menjadi sangat populer di komunitas crypto. Jed segera menjual platform ke Mark Karpel. Pada tahun 2014, layanan ini mengalami peretasan pertukaran crypto terbesar yang tercatat yang mengakibatkan pencurian 850.000 Bitcoin senilai $450 juta.

Ripple

Jed telah berhasil menciptakan dua perusahaan teknologi yang sukses, meskipun berumur pendek, tetapi dia tidak terhalang dalam usahanya untuk berhasil di dunia teknologi. Dia segera mulai mempelajari Bitcoin dengan hati-hati dari perspektif operasional dan beberapa kelemahan utama dalam sistem menarik perhatiannya. Dia kemudian mulai membuat cryptocurrency yang kebal terhadap kekurangan yang melekat pada Bitcoin.

Bersama dengan David Schwartz, Jesse Powell, dan Arthur Britto, Jed menciptakan protokol konsensus baru yang disebut OpenCoin Inc. Jesse Powell menginvestasikan $100.000 ke dalam perusahaan dan pengembangan dimulai dengan sungguh-sungguh. Terlepas dari kemampuan teknis dari tim pengembangan all-star, mereka tidak memiliki ketajaman bisnis yang diperlukan untuk berhasil. Chris Larsen, seorang yang terkenal sukses di kancah bisnis online segera bergabung dengan proyek ini sebagai CEO. OpenCoin segera menjadi Ripple di bawah naungan Ripple Labs.

Dengan Chris Larsen yang memimpin, silsilah Proyek Ripple di mata VC arus utama menjadi meningkat secara signifikan. Proyek ini mampu membangun hubungan perbankan yang bermanfaat, sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh cryptocurrency lain. Seiring waktu, ketegangan berkembang antara Jed dan beberapa anggota dewan Ripple, termasuk Chris Larsen. Sebagian besar perselisihan tampaknya berpusat pada hubungan antara Jed dan Joyce Kim, dan pengaruhnya terhadap jalannya perusahaan. Pada tahun 2013, Jed McCaleb meninggalkan Ripple dalam keadaan yang kurang bersahabat.

Stellar

Setelah hampir satu tahun cuti, Jed McCaleb kembali menjadi pusat perhatian kripto dengan proyek baru bernama Stellar yang merupakan pesaing langsung Ripple. Proyek ini memiliki banyak kesamaan dengan Ripple dan terus tumbuh dengan mantap di pasar. Stellar adalah protokol pertukaran uang blockchain terdesentralisasi. Sementara Ripple lebih berkonsentrasi pada layanan pertukaran uang B2B melalui protokol pemrosesan gateway pembayarannya, Stellar lebih berfokus pada transaksi B2C. Seperti Ripple, transaksi hampir seketika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.