Fund Fact Sheet dalam Reksadana

Fund fact sheet adalah laporan produk reksadana yang dikeluarkan oleh manajer investasi mengenai kinerja produk reksadana, informasi portofolio, dan jumlah dana yang dikelola. Laporan ini hanya dikeluarkan satu kali dalam satu bulan dan biasanya hanya satu lembar yang bersi ringkasan performa reksadana yang bisa didapatkan di situs perusahaan.

Kegunaan Fund Fact Sheet

Sumber Informasi Reksadana

Fund fact sheet dapat digunakan oleh investor dan calon investor untuk mempertimbangkan gambaran investasi yang sedang dijalankan atau sedang direncanakan. Untuk calon investor, jika menemukan ketidak cocokan pada produk yang dipilih, bisa segera mengganti produk lain. Untuk investor, jika menemukan ketidak cocokan pada produk yang sedang dijalankan, investor dapat menjualnya untuk menghindari kerugian.

Fund Fact Sheet

Meningkatkan Kredibilitas

Di dalam fund fact sheet terdapat laporan-laporan berupa jumlah kapitalisasi produk dan portofolio investasi yang disampaikan secara transparan oleh manajer investasi, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kredibilitas produk reksadana.

Sebagai Alat Pembanding

Fund fact sheet dapat digunakan sebagai pembanding jika terdapat lebih dari satu pilihan. Dengan begitu, penanaman modal dapat disesuaikan dengan perkiraan untuk memperoleh keuntungan.

Yang Harus Dipahami

Nilai Aktiva Bersih

Nilai aktiva bersih adalah total kekayaan bersih setiap harinya. Jika nilai memperoleh peningkatan setiap bulannya, investor akan mendapatkan selisih profit dikurangi nilai aktiva sebelumnya.

Unit Penyertaan

Unit penyertaan adalah nilai dari satuan reksadana dalam hitungan per unit yang mengacu pada peningkatan pembelian dan penjualan reksadana tertentu.

Kinerja Reksadana

Kinerja dari produk reksadana dilihat dari hasil investasi secara historis,karena di periode tertentu mulai dari satu sampai enam bulan sejak terbit.

Informasi Pembanding

Informasi pembanding biasa disebut dengan benchmark yaitu informasi tambahan seperti nilai presentase pembanding yang terletak tidak jauh dari kinerja produk. Karena ini bisa menjadi indikator kinerja produk reksadana.

Alokasi Investasi dan Portofolio

Alokasi investasi berisi informasi tentang struktur presentase dana kelola yang dialokasikan dalam bentuk portofolio efek. Sedangkan alokasi portofolio mengacu pada daftar efek penempatan reksadana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.