Evening Star

Evening star adalah pola grafik harga untuk mendeteksi kapan tren akan berbalik (reversal). Ini adalah pola candle turun yang terdiri dari tiga kandil: candle putih besar, candle bertubuh kecil, dan candle merah.

Pola evening star terkait dengan puncak tren naik harga. Hal ini menandakan bahwa tren naik mendekati akhirnya. Kebalikan dari evening star adalah pola morning star, yang dipandang sebagai indikator naik.

Pola candle adalah cara menyajikan informasi tertentu secara ringkas tentang suatu harga. Secara khusus, ini mewakili harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan saham selama periode waktu tertentu.

Setiap candle terdiri dari satu candle dan dua wicks. Panjang candle adalah fungsi dari kisaran antara harga tertinggi dan terendah selama trading hari itu. Candle panjang menunjukkan perubahan harga yang besar, sedangkan candle pendek menunjukkan perubahan harga yang kecil. Dengan kata lain, badan candle panjang menunjukkan tekanan beli atau jual yang intens, bergantung pada arah tren, sedangkan candle pendek menunjukkan pergerakan harga kecil.

Evening star

Awal Penurunan

Pola evening star dianggap sebagai indikator yang sangat kuat untuk menandai penurunan harga masa mendatang. Polanya terbentuk selama tiga hari:

  1. Hari pertama muncul candle besar sebagai penanda kenaikan berkelanjutan.
  2. Candle yang lebih kecil muncul di hari kedua yang menunjukkan kenaikan harga yang lebih sederhana.
  3. Hari ketiga menunjukkan candle merah besar dengan pembukaan harga di bawah hari sebelumnya dan kemudian ditutup sekitar tengah hari pertama.

Pola ini merupakan indikator andal bahwa telah mulai tren penurunan . Namun, sulit untuk membedakan di tengah gaduhnya harga. Untuk membantu mengidentifikasinya dengan andal, trader sering menggunakan osilator harga dan garis tren untuk mengonfirmasi apakah evening star benar-benar terjadi.

Terlepas dari popularitasnya di kalangan trader, pola evening star bukanlah satu-satunya indikator penurunan. Pola candlestick bearish lainnya termasuk bearish harami, dark cloud cover, shooting star, dan bearish engulfing. Trader yang berbeda akan memiliki preferensi mereka sendiri mengenai pola apa menjadi perhatian saat mencari deteksi perubahan tren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.