Mengenal Maker (MKR)

Maker (MKR) adalah token tata kelola MakerDAO dan Maker Protocol — masing-masing merupakan organisasi terdesentralisasi dan platform perangkat lunak, keduanya didasarkan pada blockchain Ethereum — yang memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan dan mengelola stablecoin DAI.

Awalnya disusun pada tahun 2015 dan diluncurkan sepenuhnya pada bulan Desember 2017, Maker adalah proyek yang tugasnya adalah mengoperasikan DAI, mata uang kripto terdesentralisasi yang dikelola komunitas dengan nilai stabil yang dipatok lunak terhadap dolar AS.

Token MKR bertindak sebagai semacam hak suara untuk organisasi yang mengelola DAI; sementara mereka tidak membayar dividen kepada pemegangnya, mereka memberikan pemegang hak suara atas pengembangan Protokol Pembuat dan diharapkan untuk menghargai nilainya sesuai dengan keberhasilan DAI itu sendiri.

Ekosistem Maker adalah salah satu proyek paling awal di bidang keuangan terdesentralisasi (DeFi): industri yang berupaya membangun produk keuangan terdesentralisasi di atas blockchain yang diaktifkan kontrak pintar, seperti Ethereum.

Maker (MKR)

Penemu Maker (MKR)

MakerDAO, entitas pertama di dalam ekosistem Maker yang lebih besar, dibuat pada tahun 2015 oleh Rune Christensen, seorang pengusaha dari Sealand, Denmark.

Christensen lulus dari Universitas Kopenhagen dengan gelar di bidang biokimia dan belajar bisnis internasional di Sekolah Bisnis Kopenhagen. Sebelum MakerDAO, ia ikut mendirikan dan mengelola perusahaan perekrutan internasional Try China.

Keunikan Maker (MKR)

Pada Oktober 2020, DAI adalah salah satu stablecoin paling populer (mata uang kripto yang harganya dipatok ke USD atau mata uang tradisional lainnya). Ini adalah cryptocurrency terbesar ke-25 dengan kapitalisasi pasar lebih dari $800 juta dan memiliki alamat yang lebih aktif daripada USDT — stablecoin terbesar di pasar.

Proposisi unik MKR terletak pada kenyataan bahwa hal itu memungkinkan pemegangnya untuk berpartisipasi langsung dalam proses pengaturan DAI. Setiap pemegang token Maker memiliki hak untuk memberikan suara pada sejumlah perubahan pada Protokol Maker, dengan hak suara mereka tergantung pada ukuran saham MKR mereka. Beberapa aspek protokol yang dapat dipilih oleh pemegang adalah:

  • Menambahkan jenis aset agunan baru ke protokol, memungkinkan pengguna untuk mengirimkan cryptocurrency baru untuk mencetak lebih banyak DAI;
  • Mengubah parameter risiko jenis aset agunan yang ada;
  • Ubah Tingkat Penghematan DAI: pemegang token DAI dapat memperoleh penghematan dengan menguncinya dalam kontrak khusus, dan Tingkat Penghematan berdampak pada profitabilitas kontrak tersebut;
  • Pilih oracle — entitas yang tujuannya adalah untuk menyediakan data off-blockchain yang dapat dipercaya ke ekosistem Maker;
  • Upgrade ke platform.

Kemampuan untuk berpartisipasi dalam pengelolaan salah satu stablecoin terbesar di pasar inilah yang mendorong permintaan token MKR dan dengan demikian memengaruhi nilainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.