litecoin

Mengenal Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC) adalah mata uang kripto yang dirancang untuk menyediakan pembayaran yang cepat, aman, dan berbiaya rendah dengan memanfaatkan properti unik dari teknologi blockchain.

Cryptocurrency Litecoin (LTC) merupakan modifikasi dari protokol Bitcoin (BTC). Perbedannya terletak dalam hal algoritma hashing, hard cap, waktu transaksi blok dan beberapa faktor lainnya. Litecoin memiliki waktu blok hanya 2,5 menit dan biaya transaksi yang sangat rendah, sehingga cocok untuk transaksi mikro dan pembayaran di tempat penjualan.

Rilis Litecoin lewat klien open-source di GitHub pada 7 Oktober 2011. Jaringan Litecoin meluncur lima hari kemudian pada 13 Oktober 2011.

Penemu Litecoin

Cryptocurrency dibuat oleh Charlie Lee, mantan karyawan Google, yang menginginkan Litecoin menjadi “versi lite dari Bitcoin”, yang memiliki banyak properti yang sama dengan Bitcoin—walaupun lebih ringan.

Charlie Lee, komunitas kripto mengenalnya sebagai “Chocobo,” adalah penambang Bitcoin awal dan ilmuwan komputer. Merupakan mantan insinyur perangkat lunak untuk Google. Selain itu, Charlie Lee memegang peran sebagai direktur teknik di Coinbase antara 2015 dan 2017 sebelum pindah ke usaha lain.

Selain Lee, Yayasan Litecoin juga mencakup tiga orang lain di dewan direksi: Xinxi Wang, Alan Austin, dan Zing Yang.

Keunikan Litecoin

Litecoin (LTC) adalah cryptocurrency murni paling populer kedua. Keberhasilan ini sebagian besar dapat terkait dengan kesederhanaan dan manfaat utilitas yang jelas.

Litecoin(LTC)

Pada Januari 2021, Litecoin adalah salah satu cryptocurrency tingkat penerimaannya tertinggi. Dan lebih dari 2.000 pedagang dan toko sekarang menerima LTC di seluruh dunia.

Manfaat utamanya berasal dari kecepatan dan efektivitas biaya. Konfirmasi transaksi Litecoin biasanya hanya dalam beberapa menit, dan biaya transaksi yang sangat kecil. Ini menjadikannya alternatif yang menarik untuk Bitcoin di negara berkembang, di mana biaya transaksi mungkin menjadi faktor penentuan penggunaan mata uang kripto.

Pada akhir tahun 2020, Litecoin juga merilis testnet MimbleWimble (MW). Testnet ini berguna untuk menguji transaksi rahasia berbasis Mimblewimble di Litecoin. Setelah fitur ini tersedia di mainnet, pengguna Litecoin juga akan mendapat manfaat dari privasi dan dukungan kesepadanan dari rilis sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.