Lisk adalah Koin Untuk Platform Pengembangan

Lisk adalah platform terdesentralisasi yang didasarkan pada Javascript. Yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi pengembang untuk membuat dan mengelola sumber daya mereka. Idenya adalah memberi mereka peluang lebih baik untuk pendapatan tinggi dari kreasi mereka, dibandingkan dengan entitas terpusat seperti Google/Apple. 

Hal ini bekerja secara unik oleh Lisk yang menyediakan sidechain independen untuk pengembang dan memberikan tingkat keamanan dan anonimitas. Setiap sidechain dapat disesuaikan dan memberikan pengguna kebebasan untuk membuat token mereka sendiri atau aplikasi yang dibangun di atasnya.

Jika melihat tujuan Lisk agar blockchain bisa diakses oleh publik dengan menyediakan platform antara, sekilas mimpinya mirip dengan Ethereum dengan decentralized app-nya.

Saat ini, tidak ada pasokan maksimum untuk koin LSK, tetapi jumlah cryptocurrency Lisk yang ditambang berkurang. Hadiah blok adalah 5 Lisk dan akan turun satu LSK setiap tahun berturut-turut, akhirnya mencapai nilai 1 LSK per blok dan tetap seperti itu. ICO dari proyek ini sangat sukses dan diadakan pada 24 Mei kembali pada 2016. Selama itu, 100 juta koin LSK didistribusikan dengan cara berikut: 85% untuk peserta ICO, 8% untuk tim inti, 4% untuk kampanye dan karunia setelah ICO, 2% untuk penasihat dan mitra dan sisanya 1% untuk pendukung awal proyek.

Kelebihan

  • Delegated Proof of Stake (DPoS) – Ada 101 node saksi yang menandatangani blok dan dipilih oleh proses desentralisasi
  • Berorientasi Pengembang – dengan bantuan sidechains dan alat yang mudah digunakan, pengembang dapat membuat dApps dan token mereka sendiri untuk mengatur ICO mereka sendiri.

Kekurangan

  • Perpanjangan waktu blok – sementara waktu blok standar adalah 10 detik, jika seorang delegasi tidak dapat memalsukan blok dalam waktu 17 menit, blok dipindahkan ke babak berikutnya. Ini menunda transaksi
  • Meskipun Lisk adalah proyek baru, Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak (SDK) masih belum dirilis, yang menimbulkan kecurigaan di antara anggota masyarakat

Sejarah dan Evolusi

Lisk adalah

Didirikan Max Kordek dan Oliver Beddows pada 2016, Lisk adalah platform aplikasi blockchain yang terdesentralisasi dengan kantor pusatnya di Swiss. 

Tujuannya adalah untuk menyediakan alat pengembangan perangkat lunak bagi pengembang dan membuatnya semudah mungkin bagi mereka untuk menggunakan platform, serta membuat dApps dan token mereka sendiri. Lisk bertujuan untuk membuat teknologi blockchain lebih mudah diakses oleh masyarakat luas dengan Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak (SDK) yang ditulis dalam JavaScript dan dengan penciptaan Akademi Daftar.

Lisk Blockchain

Lisk adalah platform blockchain peer-to-peer terdesentralisasi menggunakan mekanisme konsensus Bukti Delegasi Pasak dan algoritma hashing SHA-256. Delegasi dalam jaringan memainkan peran pencipta blok dan validator. Siapa pun dapat menjadi delegasi, tetapi hanya 101 delegasi yang dapat aktif, sehingga 101 akun dengan suara terbanyak dapat aktif di jaringan. Waktu standar antar blok dalam jaringan adalah 10 detik. Dalam pembaruan mendatang, sidechains akan diperkenalkan ke sistem, memungkinkan pengguna dengan SD Kit untuk membuat lingkungan mereka sendiri untuk token dan dApps, dan bahkan menjalankan ICO dan proyek mereka sendiri.

Lisk Node

Saat ini, ada tiga jenis node di jaringan Lisk. Mereka ringan, node penuh dan node didelegasikan. Node yang Ringan tidak perlu mengunduh riwayat transaksi blockchain penuh untuk dapat beroperasi dan dapat memberikan suara pada delegasi. Node lengkap telah diunduh secara penuh blockchain tetapi bukan bagian dari mekanisme konsensus, karenanya mereka tidak dapat membuat blok atau memvalidasi transaksi. Akhirnya, node yang didelegasikan, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, adalah orang-orang yang harus membuat dan memvalidasi blok di jaringan. Mereka juga bertanggung jawab atas saran Protokol Peningkatan Lisk (LIP) di jaringan.

Masa Depan Lisk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masa depan untuk Lisk terlihat luar biasa terutama ketika datang ke alat yang akan disediakan untuk pengembang. Akan ada 2 fase pembaruan, di mana bagian pertama akan berkonsentrasi pada peningkatan kualitas dan kinerja jaringan dan fase 2 adalah pengembangan dan pengujian beta SDK. Pembaruan yang akan membawa sidechains ke jaringan telah dijadwal ulang untuk tanggal yang lebih baru.

Keamanan Jaringan Lisk

Jaringan Lisk memiliki satu pelanggaran keamanan yang tercatat ketika proses pada seluruh blockchain dihentikan karena dipicu oleh tindakan keamanan otomatis. Itu diaktifkan karena transaksi yang tidak valid dianggap benar oleh semua node dan jaringan dan disiarkan. Tim menyarankan bahwa itu adalah kode berbahaya yang disesuaikan yang mengambil keuntungan dari bug yang tidak diketahui sebelumnya. CEO, Max Kordek, membuat pengumuman bahwa semua dana aman dan perbaikan diterapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.