Decred adalah Hasil Kekecewaan Terhadap Bitcoin

Decred adalah blockchain hybrid yang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Work dan Proof of Stake secara bersamaan. Tujuan utama para pencipta adalah untuk menciptakan versi yang lebih baik dari jaringan Bitcoin setelah memperhatikan bahwa pengambilan keputusan dalam komunitas BTC menjadi semakin terpusat. 

Hadiah blok dibagi antara penambang, pemilih dan tim pengembang dengan rasio 60%: 30%: 10%. Decred adalah salah satu cryptocurrency paling menjanjikan dan berkembang pesat dengan kecepatan tinggi, kemampuan untuk meningkatkan dan koneksi ke komunitasnya.

Pasokan maksimum koin DCR adalah 21 juta dengan harapan bahwa blok terakhir akan ditambang pada tahun 2120.

Kelebihan

  • Seluruh proyek sangat didorong oleh masyarakat dengan memungkinkan pengambilan keputusan yang terdesentralisasi
  • Tahan terhadap serangan 51% karena mekanisme konsensus hybrid
  • Sensor tahan dan kontrak pintar berfungsi pada platform proposal publik

Kekurangan

  • Waktu transaksi relatif tinggi. Diperlukan waktu sekitar 5 menit untuk mengonfirmasi transaksi

Sejarah dan Evolusi

Decred adalah

Cryptocurrency Decred diluncurkan oleh Perusahaan yang berbasis di Chicago pada 7 Februari 2016. Kemudian pada tahun itu pada 25 April, Decred mainnet versi 1.0.0 dirilis. Proyek ini dibuat sebagai hasil dari frustrasi sekelompok pengembang Bitcoin dengan meningkatnya sentralisasi jaringan BTC. Dengan bantuan Alex Jacob-Pitt, mereka mendirikan Company 0 dan mulai mengembangkan Decred. Proyek ini didirikan oleh CEO perusahaan, Jake Yacom-Piatt, dengan bantuan rekan pendiri Alex Yacom-Piatt, Dave Collins, David Hill, John Vernaleo dan Josh Rickmar.

Tahap pengembangan saat ini menghadirkan perangkat lunak versi 1.3.1 sehingga semua orang dapat berpartisipasi dalam tata kelola jaringan. Decred juga menambahkan halaman Tata Kelola ke dompet GUI resmi dengan nama Decrediton, dan juga tersedia dalam format Command Line Interface.

Blockchain decred

Decred blockchain adalah jaringan peer to peer yang terdesentralisasi yang menggunakan baik mekanisme Proof of Work dan Proof of Stake yang menjadikannya sebuah jaringan hybrid. Ia menggunakan algoritma hashing Blake256 r14 dan membagi hadiah 60% ke penambang, 30% untuk pembuat staker dan 10% masuk dalam kelompok pengembangan untuk membiayai pembaruan dan penambahan di masa depan. Imbalan blok dapat dikurangi secara kasar setiap 21 hari atau setiap 6.144 blok sebesar 1%.

Waktu blok kasar adalah 5 menit dan 2 detik dengan ukuran hingga 1MB. Jaringan secara otomatis menyesuaikan kesulitan setiap 144 blok, yaitu sekitar 12 jam.

Decred Node

  • Full node adalah validator sistem. Mereka memerlukan pengunduhan lengkap riwayat transaksi blockchain agar dapat beroperasi. Jika tidak ada cukup node penuh pada jaringan, klien tidak akan dapat terhubung ke jaringan secara memadai.
  • Light node tidak perlu mengunduh blockchain penuh, karena mereka hanya perlu header blok untuk beroperasi. Mereka dilayani oleh node penuh dan menggunakan metode Verifikasi Pembayaran Sederhana (SPV) untuk memverifikasi transaksi.

Masa Depan Decred

Masa depan proyek ini cukup banyak ditentukan oleh keinginan tim untuk membuat jaringan yang memperbaiki semua kekurangan dari cryptocurrency goliath – Bitcoin. Salah satu aspek utama dari Decred adalah berorientasi komunitas dengan memberikan insentif kepada penggunanya untuk menjadi aktif dan berkontribusi. Ada juga kumpulan hadiah pengembangan yang akan mendanai semua pembaruan di masa depan dan pengembangan jaringan.

Pembaruan yang diharapkan akan datang ke jaringan pada akhir 2018 dan awal 2019 termasuk integrasi Lighting Network, pertumbuhan strategi pemasaran untuk proyek, pembaruan lebih lanjut dan integrasi untuk dompet resmi, pembaruan privasi jaringan, pengoptimalan skalabilitas cryptocurrency dan bahkan proposal untuk pertukaran desentralisasi.

Keamanan Jaringan Decred

Meskipun Decred adalah proyek hebat yang dapat menawarkan tingkat keamanan yang besar bagi komunitasnya, ada satu kelemahan utama. Decred masih rentan terhadap serangan monopoli pertambangan yatim dan serangan monopoli penambangan ekonomi. Dengan kata yang lebih sederhana, jika suatu entitas mengendalikan lebih dari 50% daya penambangan atau lebih dari 50% daya penentu dalam jaringan, mereka dapat dengan jahat mempengaruhi dan mengontrol blockchain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *