Koin Uniswap (UNI)

Koin Uniswap (UNI) adalah protokol perdagangan terdesentralisasi yang populer, yang dikenal karena perannya dalam memfasilitasi perdagangan otomatis token decentralized finance (DeFi).

Contoh pembuat automated market maker (AMM), Uniswap diluncurkan pada November 2018, tetapi telah mendapatkan popularitas yang cukup besar tahun ini berkat fenomena DeFi dan lonjakan terkait dalam perdagangan token.

Uniswap bertujuan untuk menjaga perdagangan token otomatis dan sepenuhnya terbuka untuk siapa saja yang memegang token, sambil meningkatkan efisiensi perdagangan dibandingkan dengan pertukaran tradisional.

Uniswap menciptakan lebih banyak efisiensi dengan memecahkan masalah likuiditas dengan solusi otomatis, menghindari masalah yang mengganggu pertukaran desentralisasi pertama.

Pada September 2020, Uniswap melangkah lebih jauh dengan membuat dan memberikan token tata kelolanya sendiri, UNI, kepada pengguna protokol sebelumnya. Ini menambahkan potensi profitabilitas dan kemampuan bagi pengguna untuk membentuk masa depannya — aspek yang menarik dari entitas yang terdesentralisasi.

Koin Uniswap (UNI)

Penemu Koin Uniswap (UNI)

Uniswap muncul sebagai rencana untuk memperkenalkan AMM di Ethereum ke khalayak yang lebih luas. Pencipta platform adalah pengembang Ethereum Hayden Adams

Adams bekerja di berbagai proyek sambil menyelesaikan Uniswap, dan karyanya diinformasikan langsung oleh pencipta Ethereum Vitalik Buterin. Buterin bahkan akhirnya memberikan protokol itu namanya — awalnya dikenal sebagai Unipeg.

Adams juga mengatakan bahwa inspirasi asli untuk platform Uniswap berasal dari salah satu posting blog Buterin sendiri. Ide awalnya untuk fokus pada Ethereum datang setelah seorang teman meyakinkannya untuk mulai meneliti dan memahami protokol pada tahun 2017.

Keunikan Koin Uniswap (UNI)

Uniswap ada untuk menciptakan likuiditas dan karenanya perdagangan dan nilai yang disediakan perdagangan — untuk lingkup DeFi.

Salah satu AMM utama yang beroperasi saat ini, fungsi protokol menggunakan formula untuk pertukaran otomatis — X x Y = K. Pendiri Hayden Adams menggambarkan dirinya sebagai penemu implementasi khusus formula di Uniswap.

Uniswap bukan hanya pertukaran terdesentralisasi; ia mencoba untuk memecahkan masalah yang dialami platform seperti EtherDelta dengan likuiditas.

Dengan mengotomatiskan proses pembuatan pasar, protokol menginsentifkan aktivitas dengan membatasi risiko dan mengurangi biaya untuk semua pihak. Mekanisme ini juga menghilangkan persyaratan identitas bagi pengguna, dan secara teknis siapa pun dapat membuat kumpulan likuiditas untuk setiap pasangan token.

Menurut Uniswap, token tata kelola (UNI) mereka dibuat untuk “secara resmi mengabadikan [e] Uniswap sebagai infrastruktur milik publik dan mandiri sambil terus melindungi kualitasnya yang tidak dapat dihancurkan dan otonom dengan hati-hati.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge