Mengenal Koin Polkadot (DOT)

Koin Polkadot (DOT) adalah protokol multichain sharding open-source yang memfasilitasi transfer lintas-rantai dari data atau jenis aset apa pun, bukan hanya token, sehingga membuat berbagai blockchain dapat dioperasikan satu sama lain.

Karena interoperabilitas ini berupaya membangun web yang sepenuhnya terdesentralisasi dan pribadi, dikendalikan oleh penggunanya, dan menyederhanakan pembuatan aplikasi, institusi, dan layanan baru.

Protokol Polkadot menghubungkan rantai publik dan pribadi, jaringan tanpa izin, nubuat dan teknologi masa depan, memungkinkan blockchain independen ini untuk berbagi informasi dan transaksi tanpa kepercayaan melalui rantai relai Polkadot (dijelaskan lebih jauh ke bawah).

Token DOT asli Polkadot melayani tiga tujuan yang jelas: menyediakan tata kelola dan operasi jaringan, dan membuat parachains (rantai paralel) dengan mengikat.

Polkadot memiliki empat komponen inti:

  • Relay Chain: “hati” Polkadot, membantu menciptakan konsensus, interoperabilitas, dan keamanan bersama di seluruh jaringan rantai yang berbeda;
  • Parachains: rantai independen yang dapat memiliki tokennya sendiri dan dioptimalkan untuk kasus penggunaan tertentu;
  • Parathread: mirip dengan parachains tetapi dengan konektivitas fleksibel berdasarkan model bayar sesuai penggunaan yang ekonomis;
  • Bridges: memungkinkan parachains dan parathreads untuk terhubung dan berkomunikasi dengan blockchain eksternal seperti Ethereum.
Koin Polkadot (DOT)

Penemu Koin Polkadot (DOT)

Polkadot didirikan oleh Web3 Foundation, sebuah Yayasan Swiss yang didirikan untuk memfasilitasi web terdesentralisasi yang berfungsi penuh dan ramah pengguna, sebagai proyek sumber terbuka.

Pendirinya adalah Dr. Gavin Wood, Robert Habermeier dan Peter Czaban.

Wood, presiden Yayasan Web3, adalah yang paling terkenal dari ketiganya berkat pengaruh industrinya sebagai salah satu pendiri Ethereum, pendiri Parity Technologies, dan pencipta bahasa pengkodean kontrak pintar Solidity.

Habermeier adalah Thiel Fellow dan peneliti serta pengembang blockchain dan kriptografi yang ulung. Czaban adalah Direktur Teknologi Yayasan Web3. Dengan segudang pengalaman di industri fintech yang sangat terspesialisasi, dia saat ini membantu mengembangkan generasi baru teknologi terdistribusi.

keunikan Koin Polkadot (DOT)

Polkadot adalah jaringan multichain sharded, artinya dapat memproses banyak transaksi di beberapa rantai secara paralel (“parachains”). Kekuatan pemrosesan paralel ini meningkatkan skalabilitas.

Blockchain khusus cepat dan mudah dikembangkan melalui kerangka kerja Substrat dan dapat dihubungkan ke jaringan Polkadot dalam beberapa menit. Jaringan ini juga sangat fleksibel dan adaptif, memungkinkan berbagi informasi dan fungsionalitas antara peserta yang mirip dengan aplikasi di smartphone. Polkadot dapat ditingkatkan secara otomatis tanpa perlu garpu untuk menerapkan fitur baru atau menghapus bug.

Jaringan memiliki sistem tata kelola berbasis pengguna yang sangat canggih yang juga membantu mengamankannya. Komunitas dapat menyesuaikan tata kelola blockchain mereka di Polkadot berdasarkan kebutuhan dan kondisi yang berkembang. Karena nominator, validator, collators dan Fisherman semua memenuhi berbagai tugas untuk membantu mengamankan dan memelihara jaringan dan memberantas perilaku buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.