Mengenal Immutable X (IMX)

Immutable X (IMX) adalah solusi penskalaan lapisan-dua pertama untuk NFT di Ethereum. Menurut Immutable X, blockchainnya menghilangkan batasan Ethereum seperti skalabilitas rendah, pengalaman pengguna yang buruk, tidak likuid, dan pengalaman pengembang yang lambat. Sebagai gantinya, pengguna mendapat manfaat dari perdagangan instan dan skalabilitas besar sambil menikmati biaya gas nol untuk pencetakan dan perdagangan NFT tanpa mengorbankan keamanan pengguna atau aset. Untuk mencapai itu, Immutable X dibangun dengan STARK zk-rollups, sebuah teknologi yang Vitalik Buterin anggap Ethereum sebagai “all-in on.”

Berkat teknologi ini, pengguna akan dapat membuat dan mendistribusikan aset seperti token ERC-20 dan ERC-721 dalam skala besar. Chris Clay, Director of Gods Unchained, sebuah proyek yang sudah dibangun di Immutable X, menyatakan bahwa Immutable X memungkinkan Gods Unchained untuk mengimplementasikan meta-sistem baru yang sebelumnya tidak mungkin. Dengan cara ini, Immutable X bertujuan untuk menciptakan pengalaman kelas dunia bagi pengguna dan pengembang.

Penemu Immutable X (IMX)

Immutable X didirikan oleh James Ferguson, pengusaha Forbes 30 Under 30 yang sebelumnya memimpin tim pengembangan perangkat lunak di perusahaan eCommerce bernilai miliaran dolar, dan saudaranya Robbie Ferguson, rekan Thiel dan juga pengusaha Forbes 30 Under 30.

Tim ini terdiri dari lebih dari 100 anggota dari berbagai latar belakang seperti blockchain, FAANG, keuangan, fintech, dan konsultasi manajemen. Ini meningkatkan putaran benih pada 2018 dan Seri A $15 juta pada September 2019. Investor memasukkan beberapa “siapa adalah siapa” dalam investasi blockchain, seperti Coinbase, Naspers, Nirvana Capital, Apex Capital Partners, Continue Capital, dan Galaxy Digital.

Immutable X (IMX)

Keunikan Immutable X (IMX)

Manfaat Immutable X (IMX) dari menjadi salah satu solusi lapisan-dua pertama yang memanfaatkan zk-rollup dan fokus secara eksklusif pada NFT. Dengan zk-rollup yang semakin penting sebagai solusi penskalaan, proyek ini menemukan dirinya di ujung tombak pengembangan dalam ekosistem Ethereum. Immutable X memiliki peluang bagus untuk menjadi “blockchain NFT” default di masa depan, asalkan kecepatan transaksi yang dijanjikan lebih dari 9.000 tps dapat dicapai.

Komponen penting untuk memenuhi janji ini adalah lapisan abstraksi API. Berkat REST API, setiap interaksi terkait NFT seperti pencetakan, perdagangan, dan transfer adalah panggilan API sederhana di Immutable X. Perusahaan mengantisipasi ini sebagai komponen kunci untuk menarik pendatang baru seperti perusahaan game dan konten mapan di luar angkasa.

Selain itu, pengguna tidak perlu berpindah jaringan saat menghubungkan dompet mereka. Protokol ini juga menyediakan lapisan perantara yang disebut “Tautan”, yang memungkinkan pengalaman dompet khusus NFT dan memungkinkan Immutable X untuk mendukung ekosistem pasar pihak ketiga tanpa risiko keamanan.

Dengan buku pesanan global bersama yang memfasilitasi likuiditas protokol, pasar NFT dapat dibangun di atas Immutable X tanpa backend. Akibatnya, solusi pasar pihak ketiga dapat hidup berdampingan dengan pasar asli protokol. Protokol ini juga diharapkan dapat menurunkan hambatan masuk bagi pembuat konten dan pengembang yang lebih kecil dengan solusi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.