Mengenal Frax Protocol (FRAX)

Frax Protocol (FRAX) adalah sistem stablecoin algoritma pecahan pertama. Frax adalah open-source, tanpa izin, dan sepenuhnya on-chain – saat ini diimplementasikan di Ethereum (dengan kemungkinan implementasi lintas rantai di masa mendatang). Tujuan akhir dari protokol Frax adalah untuk menyediakan uang algoritmik yang sangat skalabel, terdesentralisasi, sebagai pengganti aset digital pasokan tetap seperti BTC. Protokol menggabungkan konsep-konsep berikut:

Fractional-Algorithmic – Frax adalah stablecoin unik dengan bagian dari suplainya didukung oleh jaminan dan bagian dari supply algoritmik. Rasio kolateral dan algoritmik tergantung pada harga pasar dari stablecoin FRAX. Jika FRAX diperdagangkan di atas $1, protokol menurunkan rasio jaminan. Jika FRAX diperdagangkan di bawah $1, protokol meningkatkan rasio jaminan.

Desentralisasi & Tata Kelola-diminimalkan – Komunitas diatur dan menekankan pendekatan algoritmik yang sangat otonom tanpa manajemen aktif.

Sepenuhnya oracle on-chain – Frax v1 menggunakan Uniswap (ETH, USDT, harga rata-rata tertimbang waktu USDC) dan oracle Chainlink (harga USD).

Dua Token – FRAX adalah stablecoin yang menargetkan band ketat di sekitar $1/koin. Frax Shares (FXS) adalah token tata kelola yang menghasilkan biaya, pendapatan seigniorage, dan nilai agunan berlebih.

Sebelum Frax, stablecoin dibagi menjadi tiga kategori berbeda: agunan fiat, overcollateralized dengan cryptocurrency, dan algoritmik tanpa agunan. Frax adalah jenis stablecoin terdesentralisasi pertama yang mengklasifikasikan dirinya sebagai algoritma pecahan yang mengantarkan pada kategori ke-4 dan paling unik.

Penemu Frax Protocol (FRAX)

Frax Protocol (FRAX) adalah gagasan dari pengembang perangkat lunak Amerika Sam Kazemian yang datang dengan ide pertama dari stablecoin algoritma pecahan pada tahun 2019.

Tim pendiri insinyur Frax termasuk Travis Moore dan Jason Huan. Sam Kazemian awalnya menyusun ide tersebut ketika dia menyadari bahwa stablecoin berkembang pesat tetapi tidak ada yang memiliki campuran kebijakan moneter algoritmik dan kolateralisasi. Proyek yang memiliki kebijakan moneter algoritmik murni telah gagal atau ditutup tanpa daya tarik yang signifikan. Frax dirancang sebagai jawaban untuk mengukur kepercayaan pasar terhadap stablecoin yang sebagian algoritmik dan sebagian yang dijaminkan.

Frax Protocol (FRAX)

Keunikan Frax Protocol (FRAX)

Frax Protocol (FRAX) adalah stablecoin desain yang digerakkan oleh komunitas dan unik. Lebih dari 60% pasokan FXS dikeluarkan selama beberapa tahun untuk penyedia likuiditas dan petani hasil. Ini adalah protokol yang sepenuhnya terdesentralisasi dengan tata kelola onchain. Ini juga merupakan stablecoin pertama dan satu-satunya yang menggabungkan desain hibrid algoritmik fraksional pada saat diluncurkan pada November 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.