Dash adalah

Dash adalah salah satu hard fork Bitcoin yang paling populer. Tujuan pengembangannya adalah untuk memperbaiki blockchain asli dan memberikan transaksi yang lebih cepat dan lebih aman. Cukuplah untuk mengatakan, itu berhasil melakukannya dan sekarang salah satu dari 12 cryptocurrency teratas. Pengguna dapat menggunakan transfer instan yang tidak dapat dilacak dan secara praktis tidak dapat dibajak. Unit terkecil di Dash adalah 1 juta koin dan total pasokan terbatas hingga 19 juta – diperkirakan akan tercapai pada tahun 2254.

Kelebihan

  • Masternodes – merupakan faktor penting dalam jaringan karena node ini mengaktifkan dua fungsi utama, yakni InstandSend dan PrivateSend.
  • InstantSend – salah satu fungsi yang diaktifkan oleh masternodes. Sesuai namanya, ini praktis transaksi instan, menyaingi kecepatan kartu kredit.
  • PrivateSend – transfer dana aman yang mengaburkan alamat pengirim dan penerima yang sebenarnya, sehingga meningkatkan privasi.

Kelemahan

Sekitar 2 juta koin pernah dikeluarkan selama 2 hari karena bug dalam algoritma penambangan. Jumlah itu saat ini masih 15% dari total pasokan dan ada spekulasi bahwa pengguna awal telah menyalahgunakan fakta ini untuk keuntungan mereka sendiri.

Sejarah dan Evolusi

Asal koin itu dapat ditelusuri ke Evan Duffield. Pada Januari 2014, Ia memulai hidupnya dengan nama Xcoin, kemudian berganti nama menjadi Darkcoin dan akhirnya menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai Dash – kependekan dari Digital Cash.

Saat ini, tim ini terdiri dari lebih dari 50 pengembang, semuanya didanai oleh jaringan itu sendiri. Beroperasi sebagai Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO), 10% dari setiap blok hadiah ditransfer ke dana yang digunakan untuk lebih meningkatkan proyek.

Blockchain Dash

Mengingat Dash adalah peningkatan dari blockchain Bitcoin, ia masih menggunakan Proof of Work sebagai protokol konsensus untuk mengkonfirmasi blok yang ditambang, berdasarkan pada algoritma hashing X11. Waktu blok kira-kira 2,6 menit, ukuran – 2MB dan hadiah 1,67 koin Dash. Jumlah mata uang yang dikeluarkan berkurang sekitar 7,14% setiap tahun atau 210,240 blok.

Untuk mengendalikan kesulitan penambangan, ada protokol Dark Gravity Wave, yang menyesuaikan untuk setiap blok, menjamin tidak ada fluktuasi drastis, tidak peduli kekuatan hashing dalam jaringan.

Node Dash

  • Node Ringan – hanya mengunduh header dari setiap blok dalam rantai, sehingga meminimalkan kebutuhan ruang – itulah cara kebanyakan dompet bekerja.
  • Node Penuh – mereka berfungsi sebagai poin validasi untuk transaksi dan blok. Node penuh terhubung ke rekan-rekan lain dan menyinkronkan satu sama lain, sehingga mencapai konsensus.
  • Masternodes – untuk membuat satu, Anda perlu menginvestasikan 1000 DASH, memiliki alamat IP publik khusus dan dapat menjalankan 24/7. Waktu henti hingga 1 jam per hari diterima. Semua masternode berbagi 45% dari hadiah blok antara satu sama lain. Rata-rata, satu menerima 2 koin Dash sebagai imbalan, per minggu.

Masa Depan Cryptocurrency DASH

Tujuannya adalah untuk mencapai adopsi massal Dash. Langkah-langkah menuju tujuan ini mencakup banyak implementasi baru, termasuk peningkatan masternode, rilis dokumentasi pribadi untuk transparansi yang lebih baik dan pengembangan kode ASIC open-source.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.