Mengenal Arweave (AR)

Arweave (AR) adalah jaringan penyimpanan terdesentralisasi yang berusaha menawarkan platform untuk penyimpanan data yang tidak terbatas. Menggambarkan dirinya sebagai “hard drive yang dimiliki secara kolektif yang tidak pernah lupa,” jaringan ini terutama menghosting “permaweb” web permanen dan terdesentralisasi dengan sejumlah aplikasi dan platform berbasis komunitas.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek ini, lihat penyelaman mendalam kami di Arweave.

Jaringan Arweave menggunakan cryptocurrency asli, AR, untuk membayar “penambang” untuk menyimpan informasi jaringan tanpa batas.

Proyek ini pertama kali diumumkan sebagai Archain pada Agustus 2017. Kemudian diubah namanya menjadi Arweave pada Februari 2018 dan secara resmi diluncurkan pada Juni 2018.

Penemu Arweave (AR)

Arweave (AR) didirikan oleh Sam Williams dan William Jones, dua Ph.D. kandidat di University of Kent. Williams datang ke proyek dengan pengalaman dalam sistem terdesentralisasi dan terdistribusi. Setelah mengembangkan sistem operasi yang disebut HydrOS sebagai bagian dari studinya. Sementara fokus Jones adalah pada teori grafik dan jaringan saraf. Sementara Williams keluar dari sekolah pascasarjana untuk fokus pada perusahaan, Jones meninggalkan proyek lebih awal pada pertengahan 2018 dan menyelesaikan gelar Ph.D.

Menurut Williams, dia mendapatkan ide tersebut saat berjalan mendaki gunung di Skotlandia, kemudian membawa konsep tersebut ke Jones, dengan siapa dia mengembangkan detail teknisnya. Setelah meluncurkan Arweave, Williams kemudian ditunjuk sebagai penasihat Minespider, sebuah perusahaan yang menyediakan pelacakan rantai pasokan berbasis blockchain untuk industri bahan mentah, dan dia telah menjabat sebagai mentor untuk program akselerator Techstars.

Arweave (AR)

Meskipun Arweave didirikan dengan kepemimpinan terpusat. Arweave meluncurkan organisasi otonom terdesentralisasi pada Januari 2020 yang terdiri dari anggota komunitas inti untuk memajukan pengembangan dan perluasan jaringan dan ekosistemnya.

Keunikan Arweave (AR)

Menurut yellow paper, Arweave berusaha untuk memastikan “kemampuan kolektif untuk menyimpan dan berbagi informasi antar individu dan lintas waktu ke generasi baru.” Untuk mencapai tujuan ini, permaweb andalannya dibangun di atas “blockweave” Arweave. Sebuah variasi teknologi blockchain di mana setiap blok terhubung ke blok sebelumnya dan juga blok sebelumnya yang acak. Arweave mengatakan ini memberi insentif kepada penambang untuk menyimpan lebih banyak data. Karena mereka harus dapat mengakses blok sebelumnya secara acak untuk menambahkan yang baru dan menerima hadiah.

Arweave berfokus untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan di sekitar jaringan. Pada Juni 2020, ia meluncurkan “token bagi hasil,” yang memungkinkan pengembang menerima dividen ketika biaya transaksi jaringan dihasilkan dari aplikasi mereka. Dan menjadi tuan rumah inkubator untuk mendukung pembangunan aplikasi berbasis permaweb. Proyek ini juga bekerja dengan perusahaan rintisan melalui program “Boost”. Menawarkan penyimpanan gratis dan akses ke tim Arweave dan investor industri.

Pada bulan Maret 2020. Arweave mengumumkan bahwa mereka telah menerima $8,3 juta dalam pendanaan dari Andreessen Horowitz, Union Square Ventures, dan Coinbase Ventures. Ini mengikuti investasi November 2019 sebelumnya juga dari Andreessen Horowitz dan Union Square Ventures, serta Multicoin Capital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.