Definisi Spot Trade

Spot trade, juga dikenal sebagai transaksi spot adalah pembelian atau penjualan mata uang asing, instrumen keuangan, atau komoditas untuk pengiriman instan pada tanggal spot tertentu. Sebagian besar kontrak spot mencakup pengiriman fisik mata uang, komoditas, atau instrumen; perbedaan harga kontrak berjangka atau forward versus kontrak spot trade memperhitungkan nilai waktu pembayaran, berdasarkan suku bunga dan waktu jatuh tempo. Dalam perdagangan spot valuta asing, nilai tukar yang menjadi dasar transaksi disebut sebagai nilai tukar spot.

Spot trade

Kontrak spot valuta asing adalah jenis yang paling umum dan biasanya ditentukan untuk pengiriman dalam dua hari kerja, sementara sebagian besar instrumen keuangan lainnya diselesaikan pada hari kerja berikutnya. Pasar spot valuta asing (valas) diperdagangkan secara elektronik di seluruh dunia. Ini adalah pasar terbesar di dunia, dengan lebih dari $ 5 triliun diperdagangkan setiap hari; ukurannya mengerdilkan baik tingkat bunga maupun pasar komoditas.

Harga instrumen keuangan saat ini disebut harga spot. Ini adalah harga di mana suatu instrumen dapat dijual atau dibeli dengan segera. Pembeli dan penjual membuat harga spot dengan memposting pesanan beli dan jual mereka. Di pasar likuid, harga spot dapat berubah setiap detik, karena pesanan yang beredar dipenuhi dan yang baru memasuki pasar.

Harga untuk setiap instrumen yang diselesaikan setelah spot adalah kombinasi dari harga spot dan biaya bunga sampai tanggal penyelesaian. Dalam kasus forex, perbedaan suku bunga antara dua mata uang digunakan untuk perhitungan ini.

Sebagian besar produk suku bunga, seperti obligasi dan opsi, diperdagangkan untuk penyelesaian spot pada hari kerja berikutnya. Kontrak paling sering terjadi antara dua lembaga keuangan, tetapi bisa juga antara perusahaan dan lembaga keuangan. Pertukaran suku bunga di mana kaki dekat untuk tanggal spot biasanya diselesaikan dalam dua hari kerja

Komoditas biasanya diperdagangkan di bursa. Yang paling populer adalah CME Group (sebelumnya dikenal sebagai Chicago Mercantile Exchange) dan Intercontinental Exchange, yang memiliki New York Stock Exchange (NYSE). Kebanyakan perdagangan komoditas adalah untuk penyelesaian di masa depan dan tidak terkirim; Kontrak tersebut dijual kembali ke bursa sebelum jatuh tempo, dan keuntungan atau kerugian diselesaikan secara tunai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge