vwap

Definisi Volume Weighted Average Price (VWAP)

Volume weighted average price (VWAP) adalah tolok ukur perdagangan yang memberikan harga rata-rata perdagangan sekuritas sepanjang hari, berdasarkan volume dan harga. Ini penting karena memberikan wawasan kepada pedagang tentang tren dan nilai keamanan.

Nilai Volume weighted average price muncul dengan menjumlahkan dolar yang beredar di exchange untuk setiap transaksi (harga dikalikan dengan jumlah saham). Hasilnya kemudian dibagi dengan total saham yang diperdagangkan.

Menambahkan indikator VWAP ke grafik akan menyelesaikan semua perhitungan untuk Anda. Untuk menghitung VWAP sendiri, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Temukan harga rata-rata saham selama periode lima menit pertama hari itu. Untuk melakukan ini, tambahkan High, Low, dan close, lalu bagi dengan tiga. Kalikan ini dengan volume untuk periode itu. Catat hasilnya dalam spreadsheet, di bawah kolom PV.
  2. Bagilah PV dengan volume untuk periode tersebut. Ini akan memberikan nilai VWAP.
  3. Untuk mempertahankan nilai VWAP sepanjang hari, terus tambahkan nilai PV dari setiap periode ke nilai sebelumnya. Bagilah total ini dengan total volume hingga titik itu. Untuk mempermudah ini dalam spreadsheet, buat kolom untuk PV kumulatif dan volume kumulatif. Kedua nilai kumulatif ini dibagi satu sama lain untuk menghasilkan VWAP.
volume weighted average price

Trader dapat menggunakan VWAP sebagai alat konfirmasi tren, dan membangun aturan perdagangan di sekitarnya. Misalnya, ketika harga berada di atas VWAP, mereka mungkin lebih memilih untuk memulai posisi buy. Ketika harga di bawah VWAP mereka mungkin lebih memilih untuk memulai posisi short.

VWAP bermanfaat bagi trader yang ingin melihat indikasi harga dari waktu ke waktu. Indikator ini juga berguna bagi pedagang besar yang perlu memastikan bahwa perdagangan mereka tidak menggerakkan harga sekuritas yang mereka coba beli atau jual. Misalnya, dana lindung nilai mungkin menahan diri untuk tidak mengirimkan pesanan pembelian dengan harga di atas VWAP sekuritas, untuk menghindari kenaikan harga sekuritas itu secara artifisial. Demikian juga, mereka mungkin menghindari mengirimkan pesanan terlalu jauh di bawah VWAP, sehingga harga tidak terseret oleh penjualan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.