Spot Market

Spot market adalah tempat instrumen keuangan, seperti komoditas, mata uang, dan sekuritas, diperdagangkan untuk pengiriman segera. Pengiriman adalah pertukaran uang tunai untuk instrumen keuangan. Di sisi lain, kontrak berjangka didasarkan pada penyerahan aset acuan di masa mendatang.

Bursa dan pasar over-the-counter (OTC) dapat menyediakan perdagangan spot dan / atau perdagangan berjangka.

Spot market juga disebut sebagai “pasar fisik” atau “pasar tunai” karena perdagangan segera ditukar dengan aset secara efektif. Meskipun transfer dana resmi antara pembeli dan penjual mungkin memerlukan waktu, seperti T+2 di pasar saham dan di sebagian besar transaksi mata uang, kedua belah pihak menyetujui perdagangan “sekarang.” Transaksi non-spot, atau futures, menyetujui harga sekarang, tetapi pengiriman dan transfer dana akan dilakukan di kemudian hari.

Spot market

Perdagangan berjangka dalam kontrak yang akan segera kedaluwarsa juga terkadang disebut perdagangan spot karena kontrak yang kedaluwarsa berarti pembeli dan penjual akan segera menukar uang tunai dengan aset yang mendasarinya.

Harga instrumen keuangan saat ini disebut harga spot. Ini adalah harga di mana suatu instrumen dapat dijual atau dibeli dengan segera. Pembeli dan penjual membuat harga spot dengan memposting pesanan beli dan jual mereka. Di pasar likuid, harga spot dapat berubah setiap detik, saat pesanan dipenuhi dan yang baru memasuki pasar.

Exchanges mempertemukan dealer dan pedagang yang membeli dan menjual komoditas, sekuritas, kontrak berjangka, opsi, dan instrumen keuangan lainnya. Berdasarkan semua pesanan yang diberikan oleh peserta, bursa memberikan harga dan volume saat ini yang tersedia untuk pedagang dengan akses ke bursa.

Perdagangan yang terjadi langsung antara pembeli dan penjual disebut over-the-counter (OTC). Pertukaran terpusat tidak memfasilitasi perdagangan ini. Pasar valuta asing (atau pasar valas) adalah pasar OTC terbesar di dunia dengan omset harian rata-rata $ 5 triliun.

Dalam transaksi OTC, harga bisa berdasarkan spot atau harga / tanggal di masa mendatang. Dalam transaksi OTC, persyaratannya belum tentu standar, dan oleh karena itu, dapat bergantung pada kebijaksanaan pembeli dan / atau penjual. Seperti bursa, transaksi saham OTC biasanya perdagangan spot, sedangkan transaksi berjangka atau forward seringkali tidak spot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge