Risiko Investasi Bitcoin yang Perlu Dipahami

Bitcoin adalah salah satu mata uang virtual yang semakin banyak peminatnya. Namun, di balik harganya yang memiliki kemungkinan untuk terus meningkat, ternyata bitcoin memiliki risiko tinggi yang tidak bisa diabaikan jika tidak ingin salah langkah yang mengakibatkan kerugian. Berikut adalah risiko-risiko bitcoin yang perlu dipahami agar Anda tidak mengalami kerugian.

Pasar Bergejolak dan Fluktuatif

Pasar bitcoin akan terus berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi. Penyebab terjadinya fluktuasi biasanya hanya karena ada seseorang melakukan transaksi jual beli bitcoin dalam harga yang besar, maka secara otomatis harga bitcoin akan bergerak secara  pesat. Saat menjual, harga akan turun karena supply jadi bertambah. Sebaliknya, saat membeli, harga akan naik karena supply jadi berkurang. Untuk menghindari kerugian besar, perhatikan pasar dan fluktuasinya dengan teliti. Jika ingin yang lebih menguntungkan dalam jangka panjang, lakukanlah investasi kecil.

Minim Regulasi

Pasar bitcoin beroperasi tanpa peraturan utama dan tidak ada legalitas dari Bank Indonesia. Bitcoin selalu menarik perhatian sebagai peluang investasi karena tidak dikenakan biaya pajak. Namun, hal itu justru akan menimbulkan masalah jika bitcoin berperan seakan saingan bagi mata uang pemerintah. Dengan regulasi yang minim dan belum jelas, tidak ada yang bisa memastikan bagaimana keadaan bitcoin dalam beberapa waktu ke depan.

Rentan Penipuan

Transaksi bitcoin bersifat rahasia karena nama pembeli dan penjual tersembunyi dari siapapun. Tujuan dana kelebihannya bagus, yaitu agar aman dan menyulitkan pelacakan. Namun, karena hal tersebut, banyak yang memanfaatkan bitcoin untuk transaksi jual beli ilegal. Karena bisa digunakan untuk transaksi yang tidak benar, hal ini dapat menimbulkan risiko yang besar bagi investor. Meskipun melacak transaksi sulit, namun peretasan tetap terjadi yang terbukti dari banyaknya laporan kehilangan dan penipuan.

Teknologi Masih Baru

Risiko bitcoin

Bitcoin memang bergantung pada teknologi. Karena itulah bitcoin sangat rentan terhadap ancaman dunia maya. Selain rentan, ketergantungan terhadap teknologi juga harus memperoleh perhatian dan butuh persiapan. Karena, ada banyak perubahan dalam perkembangan teknologi dan tidak ada yang tahu bagaimana pasar bitcoin berkembang atau tidak ke depannya. Akan menjadi risiko jika suatu saat bitcoin sudah tidak ada artinya lagi. Maka, terus perhatikan perkembangan di dalam pasar.

Kerugian Finansial

Orang sering mengatakan Bitcoin sebagai skema ponzi. Banyak orang yang mendapat keuntungan dari ketidaktahuan orang lain. Semakin banyak orang membeli bitcoin, semakin menggelembung juga ekonomi. Ketika gelempung pecah, bitcoin pada dasarnya akan menjadi tidak berguna. Akan banyak yang ingin menjual namun tidak dapat membongkar, tidak ada pengembalian investasi, sehingga terjadinya kerugian.

Untuk menghindari risiko kerugian, pahami juga tips trading bitcoin untuk mencegah risiko kerugian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.