Macam-Macam Airdrop pada Kripto dan Penipuannya

Airdrop pada kripto atau bisa disebut dengan cryptocurrency airdrop adalah sebuah metode pemasaran yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pengguna mengenai mata uang kripto yang baru. Cara ini diyakini dapat menumbuhkan loyalitas para pengguna kripto. Keberadaan airdrops diumumkan melalui situs perusahaan, atau melalui forum yang biasa digunakan para pengguna. Mata uang digital yang pertama kali menggunakan sistem airdrop adalah AUR atau Auroracoin yang pada saat itu dibagikan untuk mengatasi krisis ekonomi di Islandia. Umumnya, airdrop yang dibagikan berupa token atau sejumlah kecil koin yang baru ditambang. Airdrops berbeda dengan Initial Coin Offering. Airdrops dibagika sebelum ICO supaya Anda sudah mengenak token atau koin yang baru muncul di pasar kripto.

Macam-Macam Airdrop

Standart Airdrop

Standart airdrop mengharuskan Anda mendaftar dengan nama lengkap dan alamat surel Anda. Setelahnya, Anda akan mendapatkan pembaruan berita melalui situs terkait yang akan terhubung melalui surel Anda.

Bounty Airdrop

Bounty airdrops mengharuskan  Anda untuk melakukan beberapa hal di media sosial seperti  update status yang memuat tautan situs web atau mengajak orang lain untuk ikut serta mengikuti kegiatan yang diselenggarakan perusahaan. Setelahnya, Anda akan diberi hadiah aset kripto.

Holder Airdrop

Holder airdrops mengharuskan Anda untuk memiliki digital wallet yang di dalamnya terdapat aset kripto seperti Bitcoin. Anda akan menerima airdrops aset sesuai dengan ketetapan pihak terkait.

Exclusive Airdrop

Exclusive airdrops adalah berbagi aset kripto yang hanya bisa dilakukan oleh anggota pada sebuah platform tertentu. Karena itulah dikatakan eksklusif.

Jenis Penipuan Airdrop

Airdrop

Pencurian Data

Biasanya, pencuri data akan memulai aksinya dengan meyakinkan Anda untuk mengakses sebuah situs yang di dalamnya terdapat form yang akan berisi informasi terkait Anda. Informasi yang bersifat rahasia itu akan diambil dan dijual ke pihak ketiga atau digunakan untuk phising.

Pencurian Private Key

Setiap dompet digital pasti memiliki private key  yang bersifat pribadi dan rahasia, dan public key yang dapat dibagikan kepada user lain. Biasanya, perusahaan yang akan memberikan airdrops akan meminta public key. Jika Anda diminta untuk menyerahkan private key, maka itu adalah penipuan dan akan disalah gunakan.

Penipuan Referral

Dalam kegiatan transaksi, biasanya ada pembagian kode referral untuk mendapatkan bonus. Biasanya perusahaan membagikan kode referral untuk meningkatkan jumlah pengguna. Namun, penipu membagikannya untuk memperoleh keuntungan. Anda akan diminta untuk mengisi sebuah lama yang terdapat form yang akan berisi data Anda yang selanjutkan Anda akan membuat akun di platform berbeda. Kode referral yang didapatkan akan digunakan untuk keuntungan pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.