Kenapa Trader Crypto Sering Merugi?

Pasar cryptocurrency berbeda dari pasar tradisional dan memiliki fitur uniknya sendiri. Pada 15 April 2021, kapitalisasi semua cryptocurrency berkisar sekitar $2T, dengan Bitcoin terhitung lebih dari $1T. Kapitalisasi yang rendah dan manipulasi tingkat tinggi dari pasar cryptocurrency oleh para pemain industri besar membuatnya sangat sulit untuk memprediksi pergerakannya.

Setelah penurunan cepat Bitcoin pada 31 Maret, posisi buy senilai lebih dari $600 juta dilikuidasi hanya dalam 15 menit; total volume likuidasi mencapai $1 miliar dalam satu hari. Perlu dicatat bahwa 60% di antaranya adalah posisi dengan leverage 25x atau lebih tinggi.

Sebelum terlibat dalam perdagangan cryptocurrency, seseorang harus mempelajari pasar dan mengamatinya. Seringkali, manipulasi harga terjadi melalui pembentukan umpan berita yang diperlukan. Oleh karena itu, untuk perdagangan yang sukses, penting untuk mengikuti berita dan membedakan informasi yang diperlukan dari kebisingan yang dibuat oleh media.

Kurangnya pengetahuan dan pengalaman

Banyak pedagang crypto pemula, terutama mereka yang memasuki pasar selama periode pertumbuhan pasar, tidak memiliki pengetahuan dasar dan pengalaman perdagangan sebelumnya. Sebelum mulai berdagang, kami sarankan untuk mempelajari dasar-dasar perdagangan. Dengan memahami analisis teknis dasar, Anda akan dapat mengidentifikasi tren jangka panjang dan jangka pendek.

Biasakan diri Anda dengan tokoh utama analisis teknis dan pelajari tentang pemanfaatan indikator dan osilator, yang digunakan untuk mendapatkan sinyal dan konfirmasi tentang pergerakan pasar lebih lanjut.

Saat mempelajari pasar dan dasar-dasar perdagangan, cobalah untuk memperdagangkan sejumlah kecil deposit Anda, dengan mengandalkan kesimpulan dan sinyal logis Anda sendiri. Perdagangan yang sukses membutuhkan pengalaman. Jika Anda membuat kesalahan, cobalah untuk menganalisisnya, belajar darinya dan jangan mengulanginya. Dengan menggabungkan proses mendapatkan pengalaman dan pengetahuan teoretis, tingkat pemahaman Anda tentang pasar dan jumlah perdagangan yang berhasil akan meningkat secara signifikan.

The graph tends to go down. Display of stock market quotes. Candlestick on a white background. Investment trading in the stock market. Vector illustration.

Kurangnya strategi

Pertahankan apa yang disebut pengelolaan uang, atau serangkaian tindakan yang bertujuan untuk melipatgandakan dana yang diinvestasikan. Kembangkan strategi trading Anda dan alokasikan dana untuk meminimalkan kerugian dan melipatgandakan deposit Anda.

Buatlah aturan dan pola perilaku tertentu, yang akan Anda ikuti dengan ketat. Jika Anda memutuskan untuk memperdagangkan aset dengan jumlah tidak melebihi 5% dari deposit Anda, maka jangan melampaui batas ini, bahkan jika ide perdagangan tampaknya berhasil bagi Anda. Dasar dari perdagangan yang sukses adalah kepatuhan terhadap aturan dan disiplin, yang Anda tetapkan untuk diri sendiri.

FOMO

FOMO (Fear Of Missing Out) adalah sindrom kehilangan keuntungan. Fenomena ini sangat umum di pasar cryptocurrency. Banyak pemain baru di pasar kehilangan dana mereka karena efek FOMO karena mereka melewatkan tawaran yang menguntungkan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pasar cryptocurrency sering dimanipulasi. Manipulasi terjadi dengan memberi orang banyak rasa momen yang terlewatkan, seperti merilis berita positif tentang aset tertentu. Terkena efek FOMO, banyak pedagang kripto membeli aset pada puncaknya dengan harapan pertumbuhan berkelanjutan. Tetapi lebih sering daripada tidak, harga turun secara dramatis atau mengalami koreksi.

Untuk menghindari FOMO, Anda tidak boleh menyerah pada emosi; mereka sebenarnya adalah prekursor sindrom. Cobalah untuk mengevaluasi situasi perdagangan melalui lensa netral, karena pasar memberi Anda kesempatan untuk menghasilkan keuntungan setiap hari. Daripada khawatir dan terus-menerus memeriksa kondisi pasar, carilah ide yang berpotensi menguntungkan atau rehat sejenak dari pasar.

Serakah

Sangat sering pedagang tidak mau mengunci keuntungan mereka, berharap harga akan terus naik. Keserakahan, seperti sindrom FOMO, didorong oleh rasa takut kehilangan potensi keuntungan. Dalam kasus seperti itu, ingatlah bahwa keserakahan menghadapkan pedagang pada risiko kehilangan uang yang telah mereka peroleh.

Agar tidak kehilangan dana Anda, tentukan beberapa peluang keuntungan saat menyusun strategi perdagangan. Saat harga bergerak, perbaiki keuntungan Anda sesuai dengan tujuan Anda. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan peluang penghasilan potensial, serta tidak kehilangan uang yang telah Anda peroleh.

Leverage

Banyak pertukaran dan platform perdagangan menawarkan alat pedagang untuk perdagangan margin, di mana pengguna dapat berdagang dengan jumlah yang melebihi ukuran setoran mereka. Dalam kasus seperti itu, pengguna meminjam dana dari bursa, sedangkan bursa, pada gilirannya, meninggalkan dana pengguna sebagai jaminan.

Leverage adalah alat yang populer untuk pengguna yang tidak berpengalaman karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan puluhan atau bahkan ratusan kali lebih banyak daripada dalam perdagangan biasa. Namun, risiko kehilangan semua dana dalam perdagangan semacam itu juga meningkat. Sebelum menggunakan leverage, Anda harus mempertimbangkan semua risiko dan memutuskan apakah Anda siap kehilangan dana jika terjadi hasil yang tidak menguntungkan.

Perintah Stop-Limit untuk menjual

Saat memperdagangkan mata uang kripto dan aset digital, pedagang kripto pemula sering kali lupa menggunakan perintah stop-limit. Stop-limit order adalah jenis order untuk menjual, yang ditempatkan ketika harga pasar suatu aset mencapai tingkat tertentu. Kurangnya stop-limit order menyebabkan penutupan posisi dan kerugian. Hal ini juga dapat mengakibatkan penarikan deposit dan menahan posisi yang berkepanjangan menunggu harga kembali ke titik impas.

Perintah stop-limit digunakan oleh pedagang untuk mengamankan diri mereka sendiri jika terjadi kemungkinan penurunan harga suatu aset. Penggunaan pesanan tersebut akan memungkinkan Anda untuk mengelola risiko secara kompeten dan berdagang dalam mode otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.