Kapitalisasi Pasar adalah Nilai Saham Sebuah Perusahaan

Kapitalisasi pasar atau bisa juga disebut market capitalization adalah nilai saham sebuah perusahaan yang beredar di pasar, yang akan dibayar oleh individu atau institusi yang akan membeli perusahaan tersebut. Yang berarti kapitalisasi pasar dapat menggambarkan nilai total atau harga keseluruhan dari perusahaan tersebut.

Penentu Nilai Kapitalisasi Pasar

Jumlah Saham Beredar

Jika jumlah saham yang beredar terbilang banyak, maka berpengaruh pada besarnya kapitalisasi pasar perusahaan. Semakin banyak beredar dan semakin tinggi nilai, maka saham tersebut akan mencapai harga yang mahal di pasar.

Harga di Pasar

Jika harga saham di pasar terus naik, maka nilai perusahaan tersebut akan meningkat dan hal ini dapat menimbulkan kepercayaan investor yang semakin besar. Tetapi jika harga saham di pasar menurun, maka nilai perusahaan tersebut akan menurun pula.

Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Kapitalisasi Saham

Saham Kapitalisasi Besar (big caps/blue chip)

Saham sebuah perusahaan dengan kapitalisasi yang besar, biasa disebut dengan perusahaan big caps atau blue chip yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari Rp 10 triliun. Perusahaan-perusahaan yang termasuk ke dalam kategori ini adalah perusahaan besar dan terkenal yang biasanya menjadi pilihan para investor.

Saham Kapitalisasi Sedang (middle caps/second liner)

Saham sebuah perusahaan dengan kapitalisasi yang sedang, biasa disebut dengan perusahaan middle caps atau second liner yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar p 1 triliun sampai Rp 10 triliun. Perusahaan-perusahaan yang termasuk ke dalam kategori ini adalah perusahaan yang berada dalam fase bertumbuh dan berkembang namun tetap menjadi pilihan untuk diinvestasikan apabila investor memiliki modal yang tidak sebesar jika ia membeli saham blue chip.

Saham Kapitalisasi Kecil (small caps/third liner)

Saham sebuaha perusahaan dengan kapitalisasi yang kecil, biasa disebut dengan perusahaan small caps atau third liner yang memiliki kapitalisasi pasar di bawah Rp 1 triliun. Perusahaan-perusahaan yang memiliki saham dengan kapitalisasi kecil biasanya cukup berisiko perihal pergerakan harganya. Saham kategori ini biasanya disebut dengan saham gorengan karena harganya yang bisa dengan mudah dipermainkan.

Menghitung Kapitalisasi Pasar

  1. Mencari tahu informasi jumlah saham beredar yang bisa diperoleh di berbagai situs keuangan atau situs resmi BEI
  2. Mencari tahu informasi mengenai harga saham yang bisa diperoleh di berbagai situs finansial
  3. Kaikan jumlah saham beredar dengan harga saham
Nilai saham

Kapitalisasi pasar = Jumlah saham beredar X Harga saham

contoh:

Jumlah saham beredar = 1.000.000.000

Harga Saham = 6.000

Kapitalisasi pasar = 1.000.000.000 X 6.000 = Rp 6.000.000.000.000 (Rp 6 triliun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.