Peluang Usaha di Blockchain

Industri Blockchain telah berkembang jauh dari dasar untuk alternatif mata uang digital. Berbagai macam aplikasi blockchain di industri yang berbeda membutuhkan ide-ide unik dari calon pengusaha yang ingin memanfaatkan potensi teknologi futuristik ini. Akibatnya, permintaan informasi tentang ide bisnis blockchain juga meningkat pesat belakangan ini.

Transformasi digital semakin meningkat setelah pandemi global, dan blockchain adalah salah satu faktor dominan yang mendorong pertumbuhan transformasi digital. Diskusi berikut membantu Anda menyelam lebih dalam ke beberapa ide produktif untuk bisnis berbasis blockchain atau aplikasi blockchain dalam operasi bisnis.

Mengapa Mempertimbangkan Ide Bisnis Berbasis Blockchain?

Sebelum menyelami detail mengenai peluang bisnis untuk blockchain, penting untuk memahami pasar blockchain yang ada. Blockchain pada dasarnya adalah kumpulan catatan digital, juga disebut sebagai buku besar terdistribusi. Buku besar terdistribusi berisi blok yang terhubung satu sama lain dalam sebuah rantai.

Setiap blok berisi informasi mengenai transaksi di samping tautan ke blok sebelumnya, sehingga menghindari masalah gangguan data. Fokus awal aplikasi blockchain sebagian besar berkisar pada layanan keuangan. Namun, fitur blockchain, seperti struktur terdesentralisasi dan catatan yang tidak dapat diubah, memastikan keuntungan yang produktif seperti efisiensi, transparansi, dan keamanan untuk perusahaan di berbagai sektor.

Apa Kata Angka Tentang Peluang Bisnis di Blockchain?

Untuk menemukan ide bisnis blockchain yang inovatif, sangat penting untuk melihat beberapa angka yang menunjukkan pentingnya mereka. Berikut adalah beberapa statistik yang dapat menunjukkan bagaimana ide bisnis blockchain bisa menjadi taruhan yang menguntungkan bagi Anda.

  • Menurut perkiraan riset pasar, pasar teknologi blockchain di seluruh dunia akan mengumpulkan pendapatan hampir $39 miliar pada tahun 2025.
  • Pengeluaran seluruh dunia untuk solusi blockchain pada tahun 2022 kemungkinan besar akan mencapai hampir $6,6 miliar USD.
  • AS mengambil bagian terbesar dalam keseluruhan pendanaan blockchain dengan 51%.
  • Hampir 55% aplikasi dalam domain perawatan kesehatan akan mengadopsi blockchain untuk penyebaran komersial pada tahun 2025.
  • Gartner menganggap blockchain sebagai salah satu teknologi paling mengganggu pada tahun 2020 setelah pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.
Industri Blockchain

Peluang Bisnis untuk Blockchain

Solusi Blockchain telah keluar dari bayang-bayang cryptocurrency dan hype dengan dampak yang luar biasa dalam memicu minat berbagai organisasi dalam ide bisnis blockchain. Kolaborasi dengan agen pengembangan blockchain yang kredibel dapat membantu bisnis memanfaatkan potensi sebenarnya dari teknologi buku besar terdistribusi. Mari kita cari tahu ide-ide teratas untuk menerapkan blockchain dalam bisnis dengan jaminan nilai yang terjamin.

Blockchain di Ritel

Pandemi global COVID-19 mengubah wajah dunia di tahun 2020. Di antara sekian banyak dampak pandemi, peningkatan belanja online juga menjadi salah satu sorotan krusial. Situs web ritel memiliki sekitar 22 miliar kunjungan pada Juni 2020. Menariknya, angka-angka ini jauh lebih tinggi daripada lalu lintas puncak musim liburan.

Dengan hampir 12 juta hingga 24 juta situs web e-niaga di seluruh dunia dan jumlah yang terus bertambah, banyak pemain ritel mempertimbangkan kemungkinan untuk memanfaatkan ide bisnis yang berpusat pada blockchain. Penerapan ide bisnis teknologi blockchain di sektor ritel dapat mencakup hal-hal berikut,

  • Memperlancar Transaksi

Operasi keuangan konvensional bergantung pada proses yang memakan waktu, rawan kesalahan, dan mahal untuk setiap transaksi. Namun, penjualan dan pembelian berbasis blockchain dapat menyederhanakan proses pembayaran dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi.

  • Mengurangi Keluhan Penipuan

Global Economic Crime and Fraud Survey 2020 oleh PwC mengungkapkan bahwa hampir 47% perusahaan pernah mengalami insiden penipuan dalam 24 bulan terakhir. Peretas dikenal karena mengambil kendali atas akun yang sah untuk menggunakannya untuk melakukan pembelian. Blockchain dapat membantu dalam membangun sistem identitas tepercaya yang dapat menciptakan kesulitan dalam aksesibilitas bagi pihak ketiga.

  • Program Loyalitas yang Didefinisikan Ulang

Keberhasilan program loyalitas berkurang saat ini karena berbagai faktor. Namun, penambahan program loyalitas ke platform e-niaga dapat membantu meningkatkan jumlah rata-rata di setiap pesanan. Solusi berbasis Blockchain dapat menawarkan lingkungan yang aman untuk program loyalitas sambil memastikan operasi yang mulus di samping pengurangan biaya.

Blockchain dalam Manajemen Rantai Pasokan

Peluang bisnis untuk blockchain dalam manajemen rantai pasokan sebagian besar berfokus pada kemampuan untuk mengatasi masalah proses pelacakan yang kompleks dan pembayaran tanpa jaminan dalam ekosistem rantai pasokan. Blockchain dapat memberikan ide unik untuk aplikasi dalam manajemen rantai pasokan seperti berikut,

  • Supply chain security

Industri rantai pasokan kehilangan hampir $50 miliar dalam hal pendapatan tahunan karena kargo yang hilang atau dicuri. Namun, blockchain akan memastikan bahwa tidak mungkin untuk mengutak-atik data dalam sistem manajemen rantai pasokan berbasis blockchain. Alhasil, dapat mengurangi risiko pencurian barang atau dokumen.

  • Transparansi dan Otomatisasi dalam Penyelesaian

Kurangnya pihak ketiga dalam solusi manajemen rantai pasokan berbasis blockchain memastikan peningkatan kecepatan, keamanan, dan transparansi dalam transaksi. Akibatnya, aplikasi rantai pasokan berbasis blockchain dapat berkontribusi untuk meningkatkan kepercayaan di antara pihak-pihak yang terlibat. Selain itu, kontrak pintar juga dapat memastikan pembayaran otomatis setelah memenuhi persyaratan tertentu dari suatu perjanjian.

  • Pelacakan yang Lebih Baik

Blockchain dapat memastikan ketersediaan informasi yang mudah bagi semua peserta dalam rantai pasokan, mulai dari pembuatan produk hingga penyimpanan. Catatan abadi memberikan jaminan mengenai standar produk, sehingga memperkuat kepercayaan di antara berbagai pihak.

Blockchain dalam Perawatan Kesehatan

Domain perawatan kesehatan juga merupakan salah satu taman bermain yang terkenal untuk menerapkan ide-ide bisnis blockchain yang inovatif. Sebuah pandemi global menunjukkan kepada kita kesalahan dalam rantai pasokan perawatan kesehatan di seluruh dunia. Selain itu, sektor kesehatan juga telah menyaksikan sejumlah besar pelanggaran data belakangan ini. Ide bisnis Blockchain untuk sektor kesehatan dapat membantu dengan cara berikut.

  • Peningkatan Ketertelusuran

Berbagai produk kesehatan memiliki negara yang berbeda sebagai tempat pembuatannya. Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan bahwa hampir 10% produk farmasi di negara-negara dengan profil berpenghasilan rendah dan menengah adalah palsu. Manajemen rantai pasokan perawatan kesehatan dengan blockchain dapat membantu dalam mengakses informasi mengenai pemasok tepercaya. Ini juga dapat membantu dalam sertifikasi keaslian obat-obatan yang lebih mudah.

  • Penyimpanan dan Pengamanan yang Efisien untuk Rekam Medis

Rata-rata pasien di AS akan mengunjungi hampir 19 dokter dalam hidup mereka. Penyimpanan rekam medis dalam format berbasis kertas menyiratkan bahwa mereka didistribusikan di berbagai fasilitas. Tanpa database yang komprehensif, kemungkinan besar Anda akan kehilangan dokumen penting, yang dapat menyebabkan penanganan lebih lambat dan lebih banyak kesalahan. Ide bisnis teknologi Blockchain di sektor perawatan kesehatan dapat membantu dalam membuat satu kumpulan data untuk semua catatan kesehatan pasien tertentu. Enkripsi dan pemrosesan riwayat medis yang aman di blockchain dapat memberikan keuntungan nilai yang produktif.

Blockchain di Sektor Pendidikan

Peluang yang berbeda untuk menerapkan blockchain dalam bisnis untuk sektor pendidikan telah mulai mendapatkan pengakuan baru-baru ini. Pengajaran jarak jauh dalam platform digital telah berkembang pesat selama pandemi. Oleh karena itu, minat terhadap teknologi inovatif untuk sektor pendidikan telah meningkatkan permintaan akan solusi blockchain dalam pendidikan. Berikut adalah beberapa fungsi unik yang dapat Anda capai dengan ide bisnis berbasis blockchain.

  • Penyederhanaan Proses Penerbitan

Banyak mahasiswa, peneliti, bahkan profesor mengalami penolakan ketika ingin mempublikasikan kontennya. Sementara sebuah makalah mungkin benar-benar sehat sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, jebakan dalam industri publikasi mungkin menjauhkannya dari melihat cahaya hari itu. Ide bisnis Blockchain dalam pendidikan dapat menawarkan platform bagi para sarjana untuk mempublikasikan konten mereka ke audiens yang lebih luas sambil mengelola hak kepemilikan.

  • Pemeliharaan Catatan Digital

University of Melbourne mulai mengeluarkan sertifikasi digital dengan menggunakan blockchain pada tahun 2017. Massachusetts Institute of Technology juga menawarkan diploma digital berdasarkan blockchain. Menariknya, catatan berbasis blockchain kebal terhadap modifikasi apa pun, sehingga memastikan umur panjang dan keamanan yang lebih baik. Ide bisnis teknologi Blockchain dalam pendidikan dapat memastikan bahwa seseorang dapat memperoleh sertifikat akademik tanpa perantara. Pikirkan platform yang mengeluarkan dan menyimpan ijazah, sertifikat, dan nilai siswa, dapat diakses dengan beberapa klik.

  • Perlindungan untuk Sumber Daya Pendidikan Terbuka

Sumber daya pendidikan di blockchain dilengkapi dengan stempel waktu dan informasi mengenai penulisnya. Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi berbagai modifikasi yang diperkenalkan dalam sumber daya yang dimaksud. Buku besar yang didistribusikan dapat membantu dalam mengidentifikasi waktu pembuatan dokumen dan identitas pembuatnya. Oleh karena itu, pembuat konten orisinal selalu mendapatkan penghargaan karena terbebas dari kekhawatiran plagiarisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.