Hal Finney

Hal Finney adalah seorang insinyur perangkat lunak dan anggota awal Cypherpunks. Finney adalah pendukung penting kriptografi dan privasi digital. Dia bekerja untuk PGP Corporation, di mana dia mengembangkan beberapa kode PGP paling awal. Dia juga membangun remailer anonim pertama, sistem uang digital berbasis bukti kerja pertama, RPOW (Bukti Kerja yang Dapat Digunakan Kembali), dan menerima transaksi Bitcoin pertama yang dikirim oleh Satoshi Nakamoto. Hal meninggal karena Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) pada tahun 2014 dan dikriopreservasi oleh Alcor Life Extension Foundation.

Kehidupan awal dan pendidikan

Finney lahir di Coalinga, California, pada 4 Mei 1956, dari pasangan Virginia dan Harold Thomas Finney. Ayahnya adalah seorang insinyur perminyakan. Nenek dari ibunya adalah anggota dari Putri Revolusi Amerika dan seorang Kongregasionalis. Harold Finney II menghadiri California Institute of Technology, lulus dengan gelar BS di bidang teknik pada tahun 1979.

Karir

Setelah lulus dari Caltech, ia bekerja di bidang permainan komputer untuk sebuah perusahaan yang mengembangkan permainan video seperti Adventures of Tron, Armor Ambush, Astrosmash, dan Space Attack. Dia kemudian bekerja untuk PGP Corporation dengan siapa dia tetap sampai pensiun pada tahun 2011.

Hal Finney

Finney adalah seorang aktivis kriptografi terkenal. Selama awal 1990-an, selain menjadi poster reguler di cypherpunks listserv, Finney menjalankan dua remailer anonim. Aktivisme kriptografi lebih lanjut termasuk menjalankan kontes (berhasil) untuk memecahkan enkripsi tingkat ekspor yang digunakan Netscape.

Pada tahun 2004, Finney menciptakan sistem bukti kerja pertama yang dapat digunakan kembali sebelum Bitcoin. Pada Januari 2009, Finney adalah penerima transaksi pertama jaringan Bitcoin.

Bitcoin

Dia adalah pengguna Bitcoin awal dan pada 12 Januari 2009, dia menerima transaksi bitcoin pertama dari pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto. Tinggal di kota yang sama selama 10 tahun tempat Dorian Satoshi Nakamoto tinggal (Temple City, California), menambah spekulasi bahwa dia mungkin adalah pencipta Bitcoin. Finney membantah bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto.

Pada Maret 2013, ia memposting di forum Bitcoin, BitcoinTalk, bahwa dia pada dasarnya lumpuh. Dia terus memprogram sampai kematiannya; dia sedang mengerjakan perangkat lunak eksperimental yang disebut bcflick, yang menggunakan Trusted Computing untuk memperkuat dompet Bitcoin.

Selama tahun terakhir hidupnya, Finneys menerima panggilan anonim menuntut biaya pemerasan 1.000 bitcoin. Mereka menjadi korban pemukul – sebuah tipuan “di mana pelaku menelepon pengiriman darurat menggunakan nomor telepon palsu dan berpura-pura telah melakukan kejahatan keji dengan harapan memprovokasi polisi bersenjata ke rumah korban”. Para pemeras telah menuntut biaya lebih banyak bitcoin daripada yang tersisa dari Finney setelah menggunakan sebagian besar dari mereka untuk menutupi biaya pengobatan pada tahun 2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.