Apa itu Altcoins?

Altcoin adalah kepanjangan dari alternative coin yang bertujuan untuk menjadi pengganti Bitcoin yang lebih baik. Istilah “altcoin” mengacu pada semua mata uang kripto selain Bitcoin.

Altcoin adalah kombinasi dari dua kata “alt” dan “coin” dan mencakup semua alternatif selain Bitcoin. Keberhasilan Bitcoin sebagai mata uang digital peer-to-peer pertama membuka jalan. Banyak altcoin mencoba menargetkan batasan Bitcoin yang dirasakan. Altcoin harus memiliki keunggulan kompetitif untuk berhasil melawan Bitcoin.

Altcoin

Altcoin memiliki perbedaan dari Bitcoin dalam berbagai hal. Beberapa Altcoin memiliki model ekonomi yang berbeda atau metode penyebaran koin yang berbeda. Algoritma penambangan koin dalam Altcoins menggunakan cara yang berbeda-beda. Beberapa Altcoins menawarkan privasi yang lebih aman dibandingkan dengan Bitcoin.

Banyak altcoin dibangun di atas kerangka dasar yang disediakan oleh Bitcoin. Jadi, sebagian besar altcoin adalah peer-to-peer. Mereka mencoba menawarkan cara yang efisien dan murah untuk melakukan transaksi di Internet. Bahkan dengan banyak fitur yang tumpang tindih, altcoin sangat bervariasi satu sama lain.

Saat altcoin berevolusi, kategori berbeda muncul. Beberapa jenis utama altcoin termasuk cryptocurrency berbasis penambangan, stablecoin, token keamanan, dan token utilitas. Ada juga beberapa gerakan untuk memisahkan sebagian besar konsep ini dari altcoin. Jika tren itu berlanjut, altcoin mungkin hanya mengacu pada cryptocurrency berbasis penambangan selain Bitcoin di masa depan.

Tipe-Tipe Altcoin

Mining-Based : Altcoin ini memiliki proses penambangan yang menghasilkan koin baru dengan memecahkan masalah yang menantang untuk membuka blok. Mereka lebih mirip dengan Bitcoin daripada altcoin lainnya. Sebagian besar altcoin teratas di awal tahun 2020 termasuk dalam kategori ini. Ethereum adalah altcoin berbasis penambangan paling terkenal pada Februari 2020.

Stablecoin : Stablecoin berusaha meningkatkan Bitcoin dengan mengurangi volatilitas. Dalam praktik aktual, ini dicapai dengan mengikat nilai koin ke mata uang yang ada. Pilihan populer untuk mendukung altcoin termasuk dolar AS, euro, dan emas. Libra Facebook sejauh ini merupakan stablecoin paling terkenal, meskipun belum diluncurkan pada Januari 2020.

Security Tokens : Altcoin ini ditautkan ke bisnis, dan mereka sering diluncurkan dalam penawaran koin awal (ICO). Token keamanan menyerupai saham tradisional, dan mereka sering menjanjikan beberapa jenis dividen seperti pembayaran atau kepemilikan dalam bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge