Apa itu Indikator Fractal?

Indikator fractal adalah pola harga sederhana yang sering terlihat di pasar keuangan. Di luar perdagangan, fractal adalah pola geometris berulang yang berulang pada semua time frame. Dari konsep ini, indikator fractal dirancang. Indikator mengisolasi titik balik potensial pada grafik harga. Kemudian menggambar panah untuk menunjukkan adanya pola. Pola fractal bullish menandakan harga bisa bergerak lebih tinggi. Fractal bearish menandakan harga bisa bergerak lebih rendah. Fractal bullish ditandai dengan panah ke bawah, dan fractal bearish ditandai dengan panah ke atas.

Indikator fractal akan sering menghasilkan sinyal. Keberadaan fractal tidak selalu penting karena polanya sangat umum.

Fractal menunjukkan beberapa kemungkinan perubahan tren. Hal ini karena fractal pada dasarnya menunjukkan harga “bentuk-U”. Fractal bearish memiliki harga yang bergerak ke atas dan kemudian ke bawah, membentuk U terbalik. Fractal bullish terjadi ketika harga bergerak ke bawah tetapi kemudian mulai bergerak ke atas, membentuk U.

Indikator fractal

Karena fractal sering terjadi, dan banyak sinyal bukan titik masuk yang dapat diandalkan, fractal biasanya disaring menggunakan beberapa bentuk analisis teknis lainnya. Bill Williams juga menemukan indikator alligator yang dapat mengisolasi tren. Dengan menggabungkan fractal dengan analisis tren, seorang trader dapat memutuskan untuk hanya memperdagangkan sinyal fractal bullish saat tren harga naik. Jika tren turun, mereka mungkin hanya mengambil trading jangka pendek pada sinyal fractal bearish, misalnya.

Fractal juga dapat digunakan dengan indikator lain, seperti pivot point atau level retracement Fibonacci. Fractal hanya ditindaklanjuti jika sejajar dengan salah satu indikator lain dan berpotensi arah harga jangka panjang. Misalnya, asumsikan sedang tren lebih tinggi. Harga sedang turun dan mencapai level retracement Fibonacci 50%. Karena tren naik, dan harga mendekati level retracement Fibonacci, trader akan melakukan perdagangan jika fractal bullish terbentuk.

Indikator fraktal unik karena mengidentifikasi pola harga dan menandainya pada grafik. Fraktal adalah pola lima batang tertentu. Pola grafik juga dapat digambar pada grafik, meskipun tidak terbatas pada lima bar pattern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.