Reksadana adalah Jalan Tengah Bagi Investor Sibuk

Reksadana adalah sebuah sarana untuk mengelola investasi yang berasal dari dana masyarakat pemodal yang ingin melakukan investasi tetapi tidak memiliki waktu yang banyak serta pengetahuan yang luas. Reksadana dilakukan dengan mengumpulkan modal sehingga terjadi akumulasi yang besar, dan diharapkan dapat memberi efek saat dikelola dalam instrumen investasi seperti saham dan lainnya. Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi.

Cara Membeli Reksadana

Online

Membeli reksadana melalui platform online adalah cara yang paling utama dan paling mudah, karena biaya pembelian pun menjadi lebih murah. Jika jaman dahulu Anda harus menelepon atau mendatangi manajer investasi, maka sekarang Anda dapat melakukan secara online, baik lewat smartphone maupun laptop yang tersambung dengan Internet.

Investasi Murah

Untuk memulai investasi reksadana tidak harus memiliki uang yang banyak. Cukup siapkan dana Rp 100.000,00 atau bahkan kurang dari itu maka Anda bisa memulai. Jumlah minimum yang kecil ini membuat orang lebih berani untuk memulai investasi.

Dokumen Prospektus

Dokumen prospektus (dokumen penting mengenai perusahaan) perlu Anda baca sebelum memulai investasi. Setiap tahunnya dokumen prospektus memiliki kemungkinan untuk adanya pembaruan. Jadi, pastikan Anda membaca dokumen yang terbaru.

Dalam dokumen ini juga tercantum kinerja Reksadana yang akan Anda pilih. Pastikan Anda melihat grafik yang terus naik dari tahun ke tahun. Yang paling penting adalah Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang terus meningkat.

Manajer Investasi

Manajer investasi adalah pihak yang mengelola dana investasi. Jadi, Anda harus mengetahui kinerja dan reputasi manajer investasi yang akan mengelola dana investasi Anda.

Fund Fact Sheet

Anda harus membaca dokumen fund fact sheet, yaitu dokumen mengenai laporan produk reksadana yang berisi tentang kinerja reksadana.

Monitor Rutin

Anda harus memantau perkembangan investasi Anda melalui platform online yang Anda gunakan.

Reksadana adalah Tentang Platform

Platform memiliki beberapa perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Salah satu perbedaannya yaitu perihal keragaman jenis reksadana yang dijual dalam platform tersebut. Jadi, Anda harus memperhatikan platform mana yang Anda pilih.

Auto Invest

Investasi reksadana itu lebih baik dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Tetapi, hal tersebut memerlukan sebuah kedisiplinan untuk melakukannya. Jika Anda tidak memiliki waktu atau alasan lainnya yang menghambat Anda untuk melakukan investasi secara rutin, beberapa platform sudah menyediakan fitur auto invest. Yang di mana proses investasi akan berjalan secara otomatis.

Menghindari Spekulasi Trading

Trading adalah melakukan jual beli reksadana dalam jangka pendek agar mendapatkan keuntungan secara cepat. Hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena Anda tidak bisa menebak bagaimana pergerakan harga dalam jangka pendek, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan kerugian.

Reksadana Pilihan

Salah satu cara memilih reksadana terbaik yaitu dengan melihat rating reksadana terbaik yang biasanya akan dikeluarkan oleh perusahaan. Selain itu, kita juga harus melihat dari segi keuntungan beserta risikonya ketika memilih reksadana. Saat ini ada situs yang cukup lengkap mengulas beberapa profil reksadana di Indonesia, yakni Bareksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge