Perbedaan Spot Dan Future Di Kripto

Spot dan future adalah istilah yang digunakan di pasar keuangan, seperti saham atau forex. Tapi tahukah Anda bahwa mereka juga merupakan dasar untuk membentuk pasar kripto

Secara umum, Spot market adalah tempat komoditas diperdagangkan di tempat dengan pengiriman segera. Sementara Future market, seperti namanya, menyelesaikan pengiriman komoditas dan kontrak future pada tanggal tertentu di masa depan.

Pasar Crypto telah mengalami pasang surut, khususnya, penurunan harga Bitcoin (BTC) yang signifikan dari sekitar $20.000 menjadi $3.000 setelah reli pada tahun 2017. Kemudian berlaku peraturan yang terus berubah menuju adopsi Bitcoin. Sampai bull BTC baru-baru ini yang meroket ke level tertinggi sepanjang masa sekitar $61.000. Itu masih mengejutkan bagi sebagian besar pedagang pasar spot dan future Bitcoin.

Perbedaan Spot Dan Future

Apa itu Spot Market?

Spot Market disebut sebagai market tunai karena cara pembayarannya langsung diproses. Dengan kata lain, kontrak antara pembeli dan penjual akan dilakukan di tempat pada harga yang berlaku dengan jumlah yang ditentukan.

Katakanlah ada pembeli ingin membeli BTC dari fiat (USD) di pasar spot — dia perlu mencari penjual yang mencari USD untuk melakukan pertukaran. Jadi, pembeli bisa pergi ke pasar spot pertukaran crypto untuk mencari pasangan perdagangan BTC/USD dengan menetapkan limit order pada harga dan kuantitas yang telah ditentukan untuk eksekusi.

Dalam kasus apapun pembeli dan penjual membuat penawaran yang setara di pasar spot, perdagangan akan segera dieksekusi.

Spot dan future

Karakteristik Pasar Spot

Pasar crypto beroperasi 24/7, yang berarti Anda dapat membeli dan menjual crypto kapan saja dan kapan saja. Semua transaksi diselesaikan dengan harga yang berlaku yang dikenal sebagai kurs spot, alias harga spot di pasar spot. Siapa pun yang memegang kontrak pasar spot dapat memegang dan menemukan kesepakatan yang lebih baik jika mereka tidak segera puas dengan harga saat ini. Tetapi harus ada permintaan dan penawaran aktif bagi para pedagang untuk melakukan perdagangan.

Jenis-Jenis Pasar Spot

Ada dua pasar spot utama; over-the-counter (OTC) dan bursa pasar.

Over-the-Counter (OTC)

OTC dalam perdagangan crypto adalah saat Anda dapat berdagang di pasar yang terdesentralisasi tanpa perantara. Tidak perlu ada broker atau bursa sentral lainnya yang terlibat dalam proses ini.

Pasar OTC terutama berurusan dengan volume besar dengan opacity yang tampak di luar batas mata publik. Itu karena perdagangan di pasar OTC biasanya bersifat pribadi. Di sisi lain, proses eksekusi relatif mudah. Setiap kali dua pihak menyepakati harga, volume perdagangan, dan metode transfer, perdagangan dapat dilakukan secara langsung tanpa keterlibatan perantara.

Bursa Pasar

Pertukaran pasar adalah pasar yang diatur di mana Anda dapat melakukan pemesanan melalui platform perdagangan atau broker. Harga Crypto akan segera ditampilkan melalui kutipan real-time. Jenis pasar spot ini mengikuti jam pertukaran.

Di sisi lain, bursa bertindak sebagai perantara bagi pembeli dan penjual untuk menawar dan meminta suatu aset. Ketika ada kecocokan untuk tawaran dan harga yang diminta, pertukaran akan memfasilitasi perdagangan.

Saat membandingkannya dengan pasar berjangka, pasar spot akan ideal untuk Anda jika Anda mencari investasi jangka panjang. Sebaliknya, jika Anda berniat untuk meningkatkan atau melakukan lindung nilai pada perdagangan Anda, pasar berjangka seharusnya paling cocok untuk Anda.

Apa Itu Market Future?

Apa Itu Pasar Berjangka?
Pasar berjangka adalah tempat Anda membuat kontrak dengan pihak lain untuk menyetujui harga aset untuk tanggal di masa depan. Spekulasi ini ditempatkan pada hari tertentu, tetapi transaksinya tidak di tempat. Jadi crypto Anda hanya akan dibeli atau dijual dengan harga dan tanggal tertentu yang telah disepakati dalam kontrak berjangka.

Tidak seperti pasar spot, Anda memperdagangkan kontrak di pasar berjangka tanpa benar-benar memiliki aset dasar. Faktanya, kontrak berjangka dibuat dalam upaya untuk menghindari volatilitas pasar. Misalnya, ketika Anda memperdagangkan kontrak BTCUSD, Anda tidak benar-benar membeli atau menjual BTC, melainkan berdagang dengan nilai BTC yang diperkirakan.

Dengan kata lain, Anda bertaruh pada pergerakan harga BTC yang sejajar dengan nilai kontrak tanpa memiliki aset.

Spot dan future

Karakteristik Market Future

Volatilitas dalam perdagangan crypto tidak dapat dihindari, dan telah menjadi perhatian banyak pedagang. Namun, perubahan harga menawarkan peluang perdagangan bagi para pedagang untuk memprediksi pergerakan harga.

Produk derivatif merupakan salah satu bentuk kontrak berjangka. Sebelum menandatangani perjanjian, pembeli dan penjual harus menentukan harga dan tanggal sebelumnya. Dan lindung nilai adalah hal biasa untuk kontrak berjangka.

Misalnya, Bybit menawarkan leverage x100 untuk memungkinkan pedagang melakukan lindung nilai modal untuk mendanai kontrak tanpa perlu mendanai posisi di muka. Apa yang ditawarkan exchange adalah untuk memberi para pedagang jumlah modal yang lebih besar untuk membuka posisi long dengan antisipasi harga naik atau short untuk harga aset turun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.